Anies Ubah Normalisasi Kali Jadi Naturalisasi, Pakar Tata Air ITB: Sepakbola Kali Pak

Gubernur DKI Anies Baswedan diminta mengembalikan istilah naturalisasi kali menjadi normalisasi kali.

Anies Ubah Normalisasi Kali Jadi Naturalisasi, Pakar Tata Air ITB: Sepakbola Kali Pak
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Normalisasi Kali Jantung di Kompleks Tirta Mandala, RT 5/5, Kelurahan Sukamaju, Cilodong, Depok, yang sempat tertutup longsoran turap. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Theo Yonathan Simon Laturiuw

WARTA KOTA, GAMBIR -- Pakar Kelompok Keahlian Teknik Sumber Daya Air Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan Institut Teknologi Bandung (ITB), Hernawan Mahfudz menyarankan Gubernur DKI Anies Baswedan mengembalikan istilah naturalisasi kali menjadi normalisasi kali.

"Sepakbola kali pak (pakai istilah naturalisasi)," kata Hernawan ketika dihubungi Wartakotalive.com, Jumat (9/2/2018) malam.

Menurut Hernawan, kata normalisasi kali sudah paling tepat karena maknanya menormalkan kembali fungsi sungai.

"Kalau menurut saya lebih baik begitu (tetap pakai istilah normalisasi) yany sudah memasyarakat. Kalau di masyarakat istilah naturalisasi kan dikenalnya di sepakbola," ujar Hernawan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), normalisasi diartikan 'tindakan menjadikan normal (biasa) kembali; tindakan mengembalikan pada keadaan, hubungan, dan sebagainya yang biasa atau yang normal'

Sedangkan naturalisasi memiliki 2 arti dalam KBBI :

1. pemerolehan kewarganegaraan bagi penduduk asing; hal menjadikan warga negara; pewarganegaraan yang diperoleh setelah memenuhi syarat sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;

2. Bio gejala terjadinya penyesuaian diri tumbuhan yang didatangkan dari tempat lain dan menjadi anggota biasa masyarakat tumbuhan di tempat yang baru itu.(*)

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved