Ide Membuat Kawasan Ini dari Kampung Bekelir Tangerang

Menurut Direktur Utama Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso, ide Kampung Merah Putih ini dari Kampung Bekelir di Tangerang.

Ide Membuat Kawasan Ini dari Kampung Bekelir Tangerang
Warta Kota/Intan Ungaling
Kampung Merah Putih di Tual 

Untuk mengecat Kampung Merah-Putih ini dimodali oleh Pacific Paint, perusahaan cat swasta Tanah Air. Lebih dari 100 galon cat untuk mewarnai Kampung Merah Putih. Menurut Direktur Utama Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso, ide Kampung Merah Putih ini dari Kampung Bekelir di Tangerang.

Banyak orang berkunjung ke Kampung Bekelir setelah kampung diubah menjadi penuh warna. Warga yang tinggal di kampung ini kecipratan rezeki. Kehidupan ekonomi warganya meningkat berkat kunjungan para wisatawan.

Baca: Menjelajah Kampung Merah Putih

Ide Kampung Bekelir diadaptasi ke permukiman warga Kiom-Yarvuan. Selama 10 hari, kampung itu dicat dan dilukis oleh 10 seniman mural dari Jakarta. Alhasil, orang-orang yang melintas tertarik ingin melihat kampung itu dari dekat. Tujuan menjadikan Kampung Merah Putih sebagai tujuan wisata mulai terwujud.

“Partisipasi dari swasta saja tidak cukup melainkan harus didukung dari masyarakat setempat dan pemerintah kota,” kata Suryanto, di Kota Tual, Provinsi Maluku, beberapa waktu lalu.

Setelah kampung dipercantik, ia ingin warga Kiom-Yarvuan, warga menjaga dan memelihara kampungnya. Bahkan, warga berinisiatif memberdayakan kampungnya sehingga kehidupan ekonomi warga meningkat. Misalnya, warga berjualan menyediakan minuman atau cendera mata untuk wisatawan.

“Masyarakat tertarik datang dan melihat ke satu tempat untuk selfie. Mereka lama di tempat tersebut. Orang-orang di kampung dapat memanfaatkannya dengan cara berjualan, sehingga kehidupan ekonominya meningkat. Ada perputaran ekonomi,” kata Suryanto. (intan ungaling)

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved