Pemkot Bekasi Mengeluarkan Puluhan Miliar Rupiah dari APBD untuk Ini

Pembangunan crossing menelan dana sebesar Rp 30 miliar. Rinciannya dari APBD murni Kota Bekasi Rp 20 miliar dan Provinsi Jawa Barat Rp 10 miliar.

Pemkot Bekasi Mengeluarkan Puluhan Miliar Rupiah dari APBD untuk Ini
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Ilustrasi banjir 

WARTA KOTA, BEKASI---Pemerintah Kota Bekasi membantu mengentaskan banjir yang terjadi di wilayah Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Bantuan itu diimplementasikan dengan penambahan crossing Sasak Jarang di bawah ruas tol Jakarta-Cikampek dan Kalimalang, Bekasi Timur.

Kepala Dinas BMSDA Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono mengatakan, pembangunan crossing menelan dana sebesar Rp 30 miliar. Rinciannya dari APBD murni Kota Bekasi Rp 20 miliar dan bantuan Provinsi Jawa Barat Rp 10 miliar.

Menurut dia, pemerintah telah membangun polder air di Pengasinan seluas 1,5 hektar, sebelum menambah crossing tersebut. Namun, kapasitas tampung polder belum mencukupi untuk menampung debit air hujan yang turun. "Solusinya membuat saluran tambahan atau menduplikasi crossing yang sudah ada," katanya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi menambahkan, ada 13 saluran air di bawah jalan tol Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Kalimalang di wilayah setempat. Saluran itu mengalirkan air dari wilayah selatan menuju ke utara Kota Bekasi hingga hilir.

"Saluran dibuat bersamaan dengan pembangunan jalan tol tahun pada tahun 1980-an," kata Rahmat.

Menurut dia, pembangunan crossing ketika itu tak didesain jangka panjang hingga 50 tahun ke depan. Makanya, saluran yang dibuat hanya menyesuaikan debit air yang ada kala itu.

Sementara pembangunan di Bekasi kian berkembang pesat. Jumlah titik tampung air semakin berkurang karena alih fungsi lahan dari sawah/rawa menjadi permukiman baru. Padahal debit air tidak berkurang, sehingga air kesulitan mengalir dari selatan menuju utara.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved