Kecamatan Setiabudi Harus Memulangkan Enam Orang ke Bogor

Enam orang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) diberikan fasilitas pulang gratis oleh Kecamatan Setiabudi.

Kecamatan Setiabudi Harus Memulangkan Enam Orang ke Bogor
Warta Kota/Feryanto Hadi
Kecamatan Setiabudi memulangkan enam PMKS ke Bogor, Kamis (8/2/2018). 

WARTA KOTA, SETIABUDI---Enam orang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) diberikan fasilitas pulang gratis oleh Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan, ke kampung halamannya di Bogor. Mereka sebelumnya tinggal di kolong jembatan Pasar Rumput.

Dyan Airlangga, Camat Setiabudi, mengatakan, keenam PMKS tersebut terdiri dari empat orang dewasa, satu balita, dan satu bayi berusia kurang dari satu bulan.

"Semua PMKS tersebut tidak memiliki identitas Jakarta sehingga kecamatan melalui Kasatpel Sudin Sosial menjangkau PMKS tersebut untuk dilakukan pembinaan," kata Dyan saat dikonfirmasi Warta Kota Kamis (8/2/2018).

Menurut Dyan, setelah dilakukan pembinaan oleh Kasatpel Sosial Kecamatan Setiabudi, PMKS tersebut akhirnya memilih untuk pulang ke kampung halamannya di Bogor.

"Kami akomodasi perjalanan mereka, mulai dari sewa bajaj ke stasiun hingga kami beri tiket kereta api tujuan bogor," kata Dyan.

Langkah itu dilakukan Dyan, lantaran pihaknya sebagai aparatur sipil negara (ASN) Kecamatan Setiabudi tidak ingin ada warga atau siapapun yang bertempat tinggal di tempat yang tidak laik.

"Yang penting, kami tidak ingin ada warga atau siapapun bertempat tinggal di bawah kolong jembatan Sungai Ciliwung karena tidak manusiawi dan sangat membahayakan keselamatan jiwa," katanya.

Adapun setelah dimintai keterangan, mereka sekeluarga mengaku datang ke Jakarta untuk mengurus tanah wakaf yang konon dimiliki oleh nenek moyang mereka di kawasan Pasar Manggis. Hanya saja, tanah itu kini telah berdiri masjid.

"Sedangkan mereka tidak punya biaya maupun tempat tinggal selama di sini. Sudah sekitar dua minggu mereka tinggal di kolong jembatan," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved