China Keluarkan Visa Khusus Bagi Keturunan Tionghoa

Pemerintah China menerapkan pengajuan visa khusus untuk orang asing yang merupakan keturunan Tionghoa.

China Keluarkan Visa Khusus Bagi Keturunan Tionghoa
Kompas.com
Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei di China. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Pemerintah China menerapkan pengajuan visa khusus untuk orang asing yang merupakan keturunan Tionghoa untuk dapat tinggal di China selama lima tahun.

Seperti yang dilansir dari South China Morning Post, visa selama lima tahun tersebut berlaku jika orang asing keturunan Tionghoa memasuki negara tersebut selama beberapa kali atau pun ingin tinggal di sana.

Namun, calon pemohon yang ingin megajukan harus memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Kebijakan tersebut telah berlaku mulai 1 Februari 2018. Biasanya orang asing hanya mendapatkan visa satu tahun untuk beberapa kali kunjungan ke China. Akan tetapi, orang asing yang merupakan turunan Tionghoa bisa mendapatkan visa untuk tinggal hingga lima tahun.

Adapun perubahan kebijakan tersebut telah diumumkan oleh Kementerian Keamanan Publik China pekan lalu.

China ingin mempermudah pemohon dengan tidak memberlakukan pembatasan atas alasan kunjungan mereka, terutama untuk orang-orang etnis Tionghoa di luar China

“Kebijakan tersebut bertujuan untuk mendorong lebih banyak orang Tionghoa perantauan untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi China,” kata Kepala Biro Administrasi Imigrasi China, Qu Yunhai.

Diperkirakan, kebijakan ini bisa menarik minat lebih banyak untuk orang-orang yang merupakan keturunan etnis Tionghoa untuk melakukan bisnis atau tinggal di China.

Lantas bagaimana persyaratannya?

Mereka yang bisa mendapatkan visa lima tahun ini adalah mantan warga negara China yang telah memperoleh kewarganegaraan asing dan warga asing yang memiliki keturunan Tionghoa.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved