Home »

News

» Jakarta

Polisi Musnahkan Lebih dari 10.000 Botol Miras Hasil Operasi Cipta Kondisi

"Sebenarnya indikator terhadap kriminalitas dan maksiat itu pemicunya selain narkoba, adalah miras," kata Kombes Tony, Rabu (7/2/2018).

Polisi Musnahkan Lebih dari 10.000 Botol Miras Hasil Operasi Cipta Kondisi
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sebanyak lebih dari 10.000 botol miras dimusnahkan di halaman Polres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/2). 

WARTA KOTA, JATINEGARA -- Dalam rangka operasi cipta kondisi yang dilakukan oleh Polres Metro Jakarta Timur untuk menekan peredaran minuman keras.

Sebanyak lebih dari 10.000 botol miras berhasil diamankan selanjutnya dimusnahkan di halaman Polres Metro Jakarta Timur.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Tony Surya Putra mengatakan bahwa operasi cipta kondisi yang digelar selama satu bulan ini berhasil menyita berbegai merek minuman keras.

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Tony Surya Putra, didampingi para ulama saat mengikuti acara pemusnahan lebih dari 10.000 botol miras di halaman Polres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/2).
Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Pol Tony Surya Putra, didampingi para ulama saat mengikuti acara pemusnahan lebih dari 10.000 botol miras di halaman Polres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/2). (Warta Kota/Joko Supriyanto)

"Miras itu baik secara undang-undang dan agama dilarang. Kita akan konsisten membrantas miras. Sebenarnya indikator terhadap kriminalitas dan maksiat itu pemicunya selain narkoba, adalah miras," kata Kombes Tony, Rabu (7/2/2018).

Dikatakan Tony, para pengkonsumsi miras biasanya akan berdampak buruk baik itu pikiran maupun kesadaran, sehingga lebih gambang emosi.

Selain itu para penguna miras terkadang dengan sengaja meminum untuk meningkatkan keberanian, sehingga mereka dengan berani melakukan tidak kriminalitas.

Tentunya hal tersebut perlu perhatian khusus agar peredaran minuman keras di masyarakat berkurang, pasalnya penguna narkotika biasanya diawali oleh mengunakan minuman keras.

Untuk itu Polres Metro Jakarta Timur akan konsen memberantas miras dengan melakukan operasi setiap hari baik dari sektor Polsek maupun Polres.

"Makanya Polres jakarta Timur akan konsen ini dan harus ada cipta kondisi baik polres, polsek jajaran setiap harinya. Bisa kebayang satu bulan 10 ribu bagaimana kalo dalam setahun," ucapnya.

Sebanyak lebih dari 10.000 botol miras dimusnahkan di halaman Polres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/2).
Sebanyak lebih dari 10.000 botol miras dimusnahkan di halaman Polres Metro Jakarta Timur, Rabu (7/2). (Warta Kota/Joko Supriyanto)

Selain itu pihaknya untuk saat ini masih memberikan teguran kepada para penjual miras yang tak berizin, seperti warung pinggir jalan, dan pedagang kaki lima serta beberapa tempat yang menjual miras lainya.

"Pemilik warung saat ini kita tegur agar tak jual miras lagi tapi kalau masih nekat berjualan, kita tutup warung nya juga," katanya.

Adapun miras yang telah dimusnahkan diantaranya anggur merah sebanyak 2200 botol, 1800 anggur putih, 1850 anggur ginseng, 1700 anggur kolesom, 750 bir, 1200 ciu oplosan, 300 wisky, 200 vodka dan 500 kamput.

Miras-miras yang berhasil diamankan ditemukan diseluruh wilayah di Jakarta Timur yang perekonomiannya rendah. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help