Pengamat Perkotaan Menilai Pemerintah Kota Bekasi Harus Memiliki Peta Rawan Banjir

Adi Susila menilai Pemerintah Kota Bekasi sudah memiliki peta daerah rawan banjir.

Pengamat Perkotaan Menilai Pemerintah Kota Bekasi Harus Memiliki Peta Rawan Banjir
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Susana banjir di Gang Mawar Jalan Kartini, Bekasi Timur, Kota Bekasi pada Rabu (7/2/2018) malam. Selain Gang Kartini, banjir setinggi 20 sampai 1,5 meter juga menerjang enam permukiman lainnya di wilayah setempat akibat tingginya debit air di Kali Bekasi. 

WARTA KOTA, BEKASI---Tingginya intensitas hujan sejak tiga hari terakhir di wilayah Kabupaten Bogor, mengakibatkan banjir di Kota Bekasi hingga ketinggian 1,5 meter.

Roby Hermawan, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Bekasi, mengatakan, tinggi muka air (TMA) di Kali Bekasi sejak Selasa (6/2/2018) malam sudah mencapai 536 centimeter. Hingga saat itu juga status ditingkatkan menjadi siaga satu.

"Karena kalau ketinggian air sudah 600 centimeter itu sudah melimpas," kata Roby, Rabu (7/2/2018)

Roby mengatakan, air Kali Bekasi merupakan hasil pertemuan air dari aliran Sungai Cikeas dan Sungai Cileungsi. Biasanya, perjalanan air dari hulu ke wilayah Kota Bekasi dan sekitarnya memakan waktu dua jam. Karena itu, air pada pukul 23.00 WIB sudah mencapai 536 sentimeter.

Pihaknya juga masih mengimbau warga untuk tetap waspada terhadap banjir di wilayah masing-masing. Sebab, saat ini wilayah Jabodetabek diprediksi masih akan diguyur hujan sampai pekan depan.

Pengamat Perkotaan, Adi Susila menilai, seharusnya Pemerintah Kota Bekasi sudah memiliki peta daerah rawan banjir. Sehingga, saat banjir datang penanganannya bisa teratasi dengan cepat.

"Tapi sampai sekarang buktinya masih ada saja yang tergenang," kata Adi.

Menurut dia, musibah banjir sudah menjadi ancaman bagi warga Bekasi. Sebab, setiap musim hujan datang, warga dikhawatirkan dengan bahaya banjir. "Kalau sudah hujan, ada saja yang tergenang. Penyebabnya bervariasi seperti saluran ada yang tersumbat dan ada juga yang terkena luberan Kali Bekasi," ujarnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved