BI Nilai Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah Hingga Rp13.600 Hanya Dinamika Jangka Pendek

BI menyebutkan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang sempat menyentuh Rp13.600 per dolar AS hanya dinamika jangka pendek.

BI Nilai Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah Hingga Rp13.600 Hanya Dinamika Jangka Pendek
Antara
Arsip Foto. 

WARTA KOTA, JAKARTA---Bank Indonesia menyebutkan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang pada Selasa (6/2/2018) ini sempat menyentuh Rp13.600 per dolar AS hanya dinamika jangka pendek, karena sentimen pelaku pasar setelah perbaikan data perekonomian Amerika Serikat.

Dody Budi Waluyo, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, seperti dikutip dari Antaranews.com, meyakini, depresiasi tersebut bersifat dinamika jangka pendek, karena tidak ada perubahan yang signifikan di kondisi makro ekonomi global.

"Sementara itu fundamental perekonomian domestik tetap solid," kata Dody.

Dody mengatakan, dalam beberapa hari terakhir memang terjadi sedikit gejolak di pasar keuangan. Perbaikan data perekonomian AS khususnya data ketenagakerjaan menyebabkan kenaikan ekspektasi inflasi, naiknya imbal hasil obligasi AS, dan pelemahan di pasar saham.

"Sejalan dengan itu nilai tukar dolar AS menguat secara global, yang juga berdampak terhadap melemahnya nilai tukar rupiah sejalan mata uang emerging market lainnya," kata Dody.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank melemah sebesar 40 poin menjadi Rp13.560 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.520 per dolar Amerika Serikat (AS).

Sedangkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah melemah ke posisi Rp13.578 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.498 per dolar AS.

Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help