Jakarta Banjir

Katulampa Siaga Satu, Wilayah Jakarta Barat Aman Jika Pintu Air Istana dan Istiqlal Tidak Dibuka

Curah hujan tinggi yang melanda kawasan Jabodetabek, membuat debit air di Kali Ciliwung meningkat drastis.

Katulampa Siaga Satu, Wilayah Jakarta Barat Aman Jika Pintu Air Istana dan Istiqlal Tidak Dibuka
bpdb
Muka air di Bendung Katulampa, Bogor, mencapai 240 cm atau pada posisi Siaga I pada Senin (5/2/2018) sekitar pukul 09:05 WIB. 

WARTA KOTA, PALMERAH - Curah hujan tinggi yang melanda kawasan Jabodetabek, membuat debit air di Kali Ciliwung meningkat drastis.

Pada Senin (5/2/2018) sekitar pukul 08.30 WIB, tinggi muka air di Bendung Katulampa, Bogor mencapai 220 sentimeter. Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Barat Imron Syahrin mengatakan, situasi masih kondusif.

"Katulampa kan sedang siaga I, kalau terkait di wilayah Jakarta Barat, masih kondusif. Namun apabila pintur air Istana atau Masjid Istiqlal dibuka, pastinya di Jalan Mangga Besar 1 juga tergenang," kata Imron ketika dikonfirmasi Warta Kota.

Baca: Siap-siap! Tujuh Jam Lagi Air Kiriman dari Bogor Tiba di Jakarta

"Karena mengalirnya kan di kawasan Taman Sari atau Kanal Banjir Barat. Pasti tergenang wilayah itu. Sampai saat ini juga ya masih aman," sambungnya.

Imron menjelaskan, untuk wilayah lain di Kota Jakarta Barat, tidak berdampak banjir kiriman. Namun, untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya mengerahkan pompa mobile serta personel di setiap wilayah di Jakarta Barat.

"Kalau pintu air Masjid Istiqlal dibuka, terdapat genangan di Jalan Mangga Besar 1, tingginya sekitar 20-30 sentimeter. Walau begitu, kami tetap siagakan pompa mobile dan personel, di titik-titik rawan genangan. Karena, kan saat ini intensitas hujan juga sedang tinggi," papar Imron. (*)

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved