Shandra Januar Mempertahankan Konsumen Loyal dan Bidik Pasar Internasional

Apalagi persaingan usaha restoran sejenis bermunculan dan memiliki strategi bisnis untuk menggaet pelanggan.

Shandra Januar Mempertahankan Konsumen Loyal dan Bidik Pasar Internasional
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Shandra Januar 

Mempertahankan lebih sulit daripada mendapatkannya.

Pepatah tersebut, menurut Shandra Januar, Bussiness Development Manager Bandar Djakarta, menjadi pekerjaan rumah Bandar Djakarta yang telah 16 tahun berkecimpung di bisnis kuliner yang menyuguhkan hidangan laut (seafood).

"Selama ini kami merasa bisa bertahan 16 tahun membuktikan kalau mau GR (gede rasa) pasar bisa menerima kami dengan baik. Sekarang kami berusaha untuk menjaga kualitas restoran ini," kata Shandra kepada Warta Kota baru-baru ini.

Shandra mengatakan, saat ini untuk menjaga kualitas yang mereka lakukan juga dari berbagai sisi. Apalagi persaingan usaha restoran sejenis bermunculan dan memiliki strategi bisnis untuk menggaet pelanggan.

"Kami sadar persaingan ketat. Kami jaga sisi produk. Produk itu ada rasa, cara pengolahannya, serta kualitas produk jenis seafood-nya itu sendiri," Shandra.

Selain itu, kata Shandra, selain menjaga kualitas produk, menjaga kualitas pelayanan pada pelanggan juga menjadi menjadi perhatian Bandar Djakarta.

"Kami mencoba untuk lebih mendekatkan diri pada konsumen loyal dan juga memperkenalkan Bandar Djakarta secara lebih luas," kata Shandra.

Saat ini dengan mengusung tagline 'Selamat Pagi Dunia', Bandar Djakarta juga sedang mempersiapkan membidik market internasional.

"Karena kunjungan tamu asing semakin meningkat kami sedang mempersiapkan market internasional juga," katanya.

Cara yang dilakukan, kata Shandra, dengan meluncurkan YouTube Official dan aplikasi Bandar Djakarta+ yang bisa diundah di Google Play dan IOS.

"Konsep ini kami pikir untuk loyaliti dan juga memperkenalkan Bandar Djakarta secara lebih luas," katanya.

Selain itu, laman yang sudah ada, awalnya satu bahasa, jadi dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. Sedangkan untuk daftar menu juga sekarang dibuat tiga bahasa, yakni Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Langkah lainnya, kata Shandra, bila selama ini mereka telah memilih konsumen loyal yang tergabung dalam komunitas Bandar Djakarta, kini diajak untuk bermigrasi ke aplikasi Bandar Djakarta+.

"Jadi sekarang anggota tidak perlu lagi membawa kartu anggota, cukup mengunduh aplikasi lewat ponsel dan nomor menyebutkan nomor telepon sudah langsung masuk ke database kami. Dan tetap bisa menikmati benefitnya seperti biasa," kata Shandra seraya mengatakan saat ini ada 350.0000 member Bandar Djakarta Community.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved