Yuk Melihat Isi Rumah Pengabdi Setan di Pengalengan

Lokasi syuting Pengabdi Setan diserbu pengunjung sejak filmnya dirilis September 2017.

Yuk Melihat Isi Rumah Pengabdi Setan di Pengalengan
Warta Kota/Lilis Setyaningsih
Rumah yang dijadikan tempat syuting film Pengabdi Setan di Pengalengan, Bandung, Jawa Barat. 

Film Pengabdi Setan hingga saat ini sukses menggaet jumlah penonton terbanyak sepanjang massa dengan lebih dari 4 juta penonton. Tidak hanya filmnya, lokasi syutingnya pun diserbu sejak filmnya dirilis September 2017.

Acep (22), penjaga keamanan PTPN VIII, mengatakan, hampir setiap hari ada saja pengunjung yang mengunjungi rumah tua yang berada di Pengalengan tersebut. Terutama akhir pekan jumlah pengunjung lebih banyak lagi.

Atas undangan dari Frisian Flag Indonesia, Warta Kota bersama beberapa wartawan mengunjungi rumah tua yang tepatnya berada di Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pengalengan, Bandung Selatan, Jumat (26/1/2018).

Sebelum masuk ke rumah yang akhirnya dijuluki rumah Pengabdi Setan itu, pengunjung harus izin ke petugas PTPN VIII. Setelah mengisi buku tamu akan dikenakan tiket masuk untuk biaya perawatan Rp 20.000 untuk setiap rombongan.

Sebenarnya di kawasan tersebut banyak rumah tua yang digunakan karyawan atau bekas gudang yang tidak terpakai. Tentu saja rumah tersebut menjadi lokasi syuting film besutan Joko Anwar hanya rumah tua yang jadi lokasi syuting Pengabdi Setan sajalah yang dituju pengunjung.

Melewati jalanan berbatu akhirnya melihat rumah yang konon dibangun tahun 1800- an tersebut. Pintu dibuka oleh Acep dan Ian (35), penjaga, yang menemani kami mengunjungi rumah tersebut. Walaupun bersama-sama, berada di pelataran rumah itupun membuat kami merasa gelisah juga.

Rapalan doa tidak lupa kami panjatkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih dari beberapa kabar, ada pengunjung dan kru film yang kerasukan.

Begitu pintu rumah dibuka, terpampanglah foto keluarga pemain film Pengabdi Setan, berikut foto ibu yang diperankan Ayu Laksmi. Rumah tersebut sudah kosong dan tidak ada barang-barang sedikitpun. Hanya ada sebuah sofa serta meja usang yang bagian atasnya berupa kaca yang sudah pecah.

Foto tersebut jadi daya tarik pengunjung untuk berswafoto atau foto bersama. Sebelum akhirnya pengunjung menelurusi setiap ruangan yang ada di rumah tersebut.

Saat menelusuri tiap ruangan itu, kami seperti digiring ke setiap adegan di film Pengabdi Setan. Ketika tiba di dapur, kami membayangkan Rini yang diperankan Tara Basro sedang memasak telur untuk sarapan, ruangan tengah tempat menonton TV dan ada nenek dengan adegan menyulamnya.

Halaman
12
Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help