Tak Cuma Nonton Bareng Gerhana Bulan, Iptek TMII Gelar Diskusi

Sebagai pengantar agar tidak bosen, Museum IPTEK TMII menyajikan pemutaran film. Selain itu, digelar pula diskusi ilmiah tentang gerhana bulan.

Tak Cuma Nonton Bareng Gerhana Bulan, Iptek TMII Gelar Diskusi
Warta Kota/Joko Supriyanto
NONTON gerhana bulan total di Museum Iptek Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (31/1/2018) malam, diisi pula dengan pemutaran film dan diskusi ilmiah. 

WARTA KOTA, CIPAYUNG --- Pusat Penerangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-Iptek) Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyajikan nonton bareng gerhana bulan total atau super blue blood moon.

Bertempat di lobi museum Iptek TMII pada Rabu (31/1) malam, pengunjung mulai memadati lokasi.

Walau sempat cuaca tak bersahabat karena kawasan TMII diguyur hujan namun tepat pukul 18.30 cahaya bukan mulai nampak bersinar.

Tak ingin kehilangan moment beberapa pengunjung mulai mengabadikan moment tersebut mengunakan kamara handphone mereka.

Walau cuaca berawan namun sebagian cahaya bulan masih terlihat jelas dengan mata telanjang.

Direktur Pusat Peragaan Iptek, M Syaehrial Annas mengatakan bahwa dalam menyambut fenomena alam ini pihaknya telah menyiapkan tiga teleskop untuk membantu melihat gerhana bulan.

Untuk mempermudah, pihak Iptek juga menghubungkan tiga unit teleskop ke layar besar supaya pengujung tidak perlu berebutan menyaksikan fenomena alam tersebut.

"Jadi satu teropong kita konek ke layar, jadi karena peminatnya banyak sehingga tidak berebut, sementara itu jika tidak sempat melihat dari toropong bisa melihat ke layar," kata Syaehrial saat ditemui, Rabu (31//1/2018) malam.

Sementara itu selain menikmati fenomena alam gerhana bulan pihaknya juga menyajikan demo ilmiah mengenai fenomena langka ini serta pemutaran film.

"Karena kita pusat ilmiah jadi kita memberikan demo ilmiah kepada para pengunjung dan kemudian sebagai pengantar agar tidak bosen kami juga menyajikan pemutaran film, dan nanti juga kita akan adakan salat gerhana," katanya.

Tak hanya demo ilmiah, dalam kesempatan tersebut juga digelar diskusi, sehingga pengunjung yang datang membawa pulang pengetahuan atas fenomena alam ini. 

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved