Ribuan Pengemudi Taksi Online Long March ke Kemenhub dan Istana

Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Nasional Driver Online long march ke kantor Kemenhub menolak pemberlakuan Permenhub No 108 Tahun 2017.

Ribuan Pengemudi Taksi Online Long March ke Kemenhub dan Istana
Warta Kota/Rangga Baskoro
Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Nasional Driver Online mulai long march menuju kantor Kementerian Perhubungan guna menolak pemberlakuan Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek, Senin (29/1/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Rangga Baskoro

WARTA KOTA, GAMBIR -- Ribuan orang yang tergabung dalam Aliansi Nasional Driver Online (Aliando) mulai long march menuju kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub) guna menolak pemberlakuan Permenhub Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Mereka mulai long march dari kawasan IRTI Monas menuju Gedung Kemenhub dan Istana Negara. Sementara ruas Jalan Medan Merdeka Selatan tertutup oleh massa aksi yang berunjuk rasa sehingga kendaraan umum lainnya tidak bisa leluasa melintas.

"Kami menolak pemberlakuan PM Nomor 108," tegas Joni (32), seorang sopir taksi online asal Bandung di lokasi unjuk rasa, Jakarta Pusat, Senin (29/1/2018).

Joni menuturkan, pemberlakuan Permenhub Nomor 108 ini sangat merugikan pengemudi. Salah satunya adalah keharusan pengemudi memiliki SIM A umum dan harus memasang stiker tanda taksi online di kendaraannya.

"Ini yang menurut kami memberatkan, kita kan online bukan konvensional," jelasnya.

Permenhub 108 yang ditolak para elemen pengemudi angkutan online itu merupakan hasil revisi dari aturan sebelumnya yang dibatalkan Mahkamah Agung (MA).

Setidaknya, ada sembilan regulasi dalam aturan baru itu, antara lain mengatur soal argo, penetapan tarif batas bawah dan tarif batas atas, kuota kendaraan, wilayah operasi, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang harus sesuai wilayah operasi, dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved