Dibangun Pakai Dana Rp 20 Miliar, TPS Blok G Hanya Digunakan Tiga Tahun Lalu Dibongkar Lagi

Lahan itu akan dibangun tempat penampungan sementara (TPS) Blok G yang menggelontorkan dana kurang lebih Rp 20 miliar.

Dibangun Pakai Dana Rp 20 Miliar, TPS Blok G Hanya Digunakan Tiga Tahun Lalu Dibongkar Lagi
WARTA KOTA/RANGGA BASKORO
Tempat penampungan sementara (TPS) Blok G, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

WARTA KOTA, TANAH ABANG - PD Pasar Jaya selaku pengelola Blok G Pasar Tanah Abang, sedang dalam tahap finalisasi, terkait niat menyewa lahan milik Robby Sumampow seluas 2.000 meter persegi, di sebelah Hotel Pharmin, Jalan Jatibaru Raya, Jakarta Pusat.

Lahan itu akan dibangun tempat penampungan sementara (TPS) Blok G yang menggelontorkan dana kurang lebih Rp 20 miliar. Ketika gedung baru Blok G selesai dibangun sekitar 2-3 tahun, TPS kemudian akan dibongkar kembali.

"TPS itu sifatnya sementara yang dibangun di dekat lokasi awal pasarnya, jadi nanti kalau sudah rampung Blok G, kami bongkar lagi. Walaupun tingkat tiga seperti yang di Pasar Rumput, itu yang layak. Jadi kami tidak membangun, mentang-mentang TPS, hanya dibangun dengan ala kadarnya, tidak seperti itu," kata Asisten Humas PD Pasar Jaya Amanda Gita saat dikonfirmasi, Jumat (26/1/2018).

Baca: Minta Jalan Jatibaru Raya Dibuka Lagi, Sopir Angkot Tanah Abang Malah Ditawarkan Gabung Ok Otrip

TPS berkonsep semi-permanen itu rencananya dibangun pada Februari mendatang, menunggu kesepakatan antara PT Astana Raharja selaku pemilik lahan dan Pemprov DKI Jakarta.

"Proses pembangunan memakan waktu 3-5 bulan. Kami masih dalam proses pengkajian dan terkait biaya sewa. Ketika dapat lahan, langsung kami bangun TPS-nya, semoga Februari bisa direalisasi," ujarnya.

Setelah TPS rampung dan semua pedagang eksisting Blok G dipindahkan, pihaknya akan langsung membongkar bangunan lama Blok G. Proses pembangunan gedung baru Blok G sendiri diperkirakan memakan waktu selama 2-3 tahun.

Baca: Sopir Angkot: Bus Tanah Abang Explorer Memakan Pendapatan Kami

"Pembangunan Blok G kan kurang lebih membutuhkan waktu 2-3 tahun kalau semua berjalan lancar. Jadi begitu selesai nanti pedagang di TPS kami pindahkan ke bangunan baru. Itu maksudnya usia TPS Blok G yang hanya 3 tahun," tutur Amanda.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan telah menganggarkan dana sebesar Rp 20 miliar untuk membangun tempat penampungan sementara bagi pedagang Blok G Pasar Tanah Abang.

Bangunan itu rencananya memiliki tiga lantai, dan diperkirakan bisa menampung sebanyak 830 pedagang. (*)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help