Tinggal Telepon ke 119, Petugas Dinkes Depok Akan Datangi Warga yang Butuh Layanan Gawat Darurat

Kota Depok resmi menerapkan program Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu di nomor call center bebas pulsa 119.

Tinggal Telepon ke 119, Petugas Dinkes Depok Akan Datangi Warga yang Butuh Layanan Gawat Darurat
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kepala Dinas Kesehatan Depok Lies Karmawati. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok telah resmi menerapkan program SPGDT 119 atau Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di nomor call center bebas pulsa 119.

Dengan program ini, warga di Kota Depok bisa mendapatkan layanan penanggulangan gawat darurat dari Dinkes Depok, dengan cara menelepon ke 119.

Nantinya warga yang membutuhkan layanan gawat darurat akan didatangi oleh tim kesehatan dari Dinkes Depok, atau bisa juga sebelumnya dipandu untuk mengatasi masalah kesehatan sementara dengan cepat.

Saat menelepon ke nomor call center 119 yang bebas pulsa, warga tinggal menyebutkan lokasi dan alamat orang atau pihak, yang membutuhkan pertolongan gawat darurat dengan segera, serta memberikan informasi masalah gawat darurat apa yang dihadapi.

Nantinya tim dari Dinkes akan menyambangi dan mendatangi langsung alamat atau rumah warga atau tempat dimana warga yang dimaksud berada.

Kepala Dinkes Depok Lies Karmawati menuturkan program ini diperuntukkan menangani masalah gawat darurat di bidang kesehatan yang dialami warga yang ada di Depok, dan membutuhkan pertolongan dengan segera.

Misalnya kata dia sakit jantung, sesak nafas, proses persalinan, kecelakaan, dan penyakit lain-lain, yang sifatnya gawat darurat.

"Maka dapat menghubungi nomor telepon 119 yang bebas pulsa dan dapat dihubungi baik melalui HP maupun pesawat telepon," kata Lies kepada Warta Kota, Jumat (26/1/2018).

Selanjutnya tambah Lies, tim Kesehatan akan memandu ataupun langsung
menangani ke lokasi dengan melakukan jemput bola ke rumah atau tempat lokasi dimana orang tersebut berada dan membutuhkan layanan gawat darurat.

"Tim kesehatan terdiri dari tenaga kesehatan mulai perawat, dokter atau bidan serta pengemudi ambulan yang sudah mendapatkan pelatihan kegawatdaruratan," kata Lies.

Karenanya kata Lies, bila ada keluarga, saudara, tetangga yang berada di Depok dan membutuhkan layanan gawat darurat dapat memanfaatkan program ini dengan menelepon ke 119.

"Ataupun melihat kecelakaan di jalanan di wilayah Depok, bisa langsung telepon ke 119. Nanti tim kesehatan akan mendatangi langsung ke lokasi kejadian," kata Lies.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved