Dinkes Depok Siagakan 14 Tim Medis untuk Layanan Gawat Darurat 24 Jam

Dinkes menyiagakan 14 tim kesehatan atau tim medis yang bergantian selama 24 jam setiap harinya

Dinkes Depok Siagakan 14 Tim Medis untuk Layanan Gawat Darurat 24 Jam
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Kepala Dinas Kesehatan Depok Lies Karmawati. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, telah resmi menerapkan program SPGDT 119 atau Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) di nomor call center bebas pulsa 119.

Dengan program ini, warga di Kota Depok bisa mendapatkan layanan penanggulangan gawat darurat dari Dinkes Depok, dengan cara menelepon ke nomoe 119.

Baca: Tinggal Telepon ke 119, Petugas Dinkes Depok Akan Datangi Warga yang Butuh Layanan Gawat Darurat

Setelah menelepon warga yang membutuhkan layanan gawat darurat akan didatangi langsung oleh tim kesehatan dari Dinkes Depok, atau bisa juga sebelumnya dipandu untuk mengatasi masalah kesehatan sementara dengan cara cepat.

Saat menelepon ke nomor call center 119 yang bebas pulsa, warga tinggal menyebutkan lokasi dan alamat orang atau pihak, yang membutuhkan pertolongan gawat darurat dengan segera, serta memberikan informasi masalah gawat darurat apa yang dihadapi.

Nantinya tim dari Dinkes akan menyambangi dan mendatangi langsung alamat atau rumah warga atau tempat dimana warga yang dimaksud berada.

Kepala Dinkes Depok Lies Karmawati menuturkan pihaknya menyiagakan 14 tim kesehatan atau tim medis yang bergantian selama 24 jam setiap harinya, untuk memberikan layanan gawat darurat ke warga Depok ini.

Semua tim kesehatan kata dia terdiri dari beberapa perawat, dokter atau bidan serta driver ambulans handal. Setiap tim katanya dilengkapi ambulan dan kelengkapan medis kegawat daruratan di dalamnya.

"Tim kesehatan yang siaga di pusat atau di Balai Kota Depok ada 3 tim dalam 3 shift. Sementara satelitnya ada 11 tim di tiap puskesmas Kecamatan yang bergantian jaga," kata Lies kepada Warta Kota, Jumat (26/1/2018).

Lies menjelaskan program ini diperuntukkan menangani masalah kegawat daruratan di bidang kesehatan yang dialami warga yang ada di Depok, karena membutuhkan pertolongan dengan segera.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved