Anggota Komisi II DPR: Sumber Korupsi Bukan di Pilkada, tapi Partai Politik

Fandi mengatakan, dinamika di Komisi II DPR akhir-akhir ini telah menunjukkan perbaikan di parpol.

Anggota Komisi II DPR: Sumber Korupsi Bukan di Pilkada, tapi Partai Politik
TRIBUNNEWS/RIZAL BOMANTAMA
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat Fandi Utomo 

WARTA KOTA, KUNINGAN - Fandi Utomo, anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Demokrat menyatakan, hajatan pemilu, baik pemilu kepala daerah, pemilu legislatif, maupun pemilu presiden, bukanlah sumber dari korupsi.

Menurutnya. sumber korupsi ada di dalam partai politik. sebagai penyedia kader untuk duduk di kursi legislatif dan eksekutif.

Hal itu disampaikan Fandi dalam diskusi yang diselenggarakan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dengan tema Pencapaian 2017 dan Proyeksi 2018, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2018).

Baca: Mengamuk karena Organ Tunggal Disudahi, Warga Tangerang Dikeroyok Lalu Tewas

“Sumber masalah korupsi bukanlah di pilkada, tetapi ada pada partai politik. Karena di dalam parpol lah terjadi mekanisme untuk menghadirkan kadernya di pemerintahan dan legislatif,” tutur Fandi.

“Kalau mau memberantas korupsi, haruslah diikuti dengan perbaikan parpol secara sungguh-sungguh,” tegasnya.

Fandi mengatakan, dinamika di Komisi II DPR akhir-akhir ini telah menunjukkan perbaikan di parpol, seperti pembahasan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan Peraturan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

“Termasuk mendukung penerapan SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) sebagai upaya perbaikan parpol. Walaupun tidak diatur undang-undang, tetapi memberi implikasi perbaikan parpol,” paparnya. (Rizal Bomantama)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved