3.669 Rumah Rusak di 45 Kecamatan se-Sukabumi Terdampak Gempa Banten

Warga yang terdampak gempa pun bertambah banyak menjadi 3.745 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 4.343 jiwa.

3.669 Rumah Rusak di 45 Kecamatan se-Sukabumi Terdampak Gempa Banten
Tribun Jabar
Infografis Gempa Susulan 20 Kali 

WARTA KOTA, BOGOR - Data terakhir hingga Kamis (25/1/2018) jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi 6,1 skala richter (SR) mencapai 3.669 unit rumah.

Dari 47 kecamatan yang ada di Sukabumi sebanyak 45 kecamatan tercatat dalam pendataan mengalami sebagai kawasan terdampak gempa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi mencatat hingga Kamis jumlah rumah yang rusak mencapai sebanyak 3.669 unit.

Rinciannya, sebanyak, 513 rusak berat, 716 rusak sedang, dan 2.440 rusak ringan. Warga yang terdampak gempa pun bertambah banyak menjadi 3.745 kepala keluarga (KK) yang terdiri atas 4.343 jiwa.

"Perbaruan data terus dilakukan, hingga Kamis tercatat ada 3.669 unit rumah yang rusak," ujar Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi, Eka Widiaman.

Ia mengatakan mayoritas wilayah di Sukabumi terdampak gempa bumi.

Kecamatan yang terdampak gempa bumi, yaitu Sagaranten, Parakansalak, Jampang Kulon, Simpenan, Cisaat, Kebonpedes, Gunungguruh, Parungkuda, Kalapanunggal, Cikidang, Waluran, Lengkong, Nagrak, Cibadak, Cibitung, dan Kabandungan. Selain itu, di Kecamatan Bantargadung, Caringin, Warungkiara, Cisolok, Cidolog, Ciambar, Nyalindung, Palabuhanratu, Kalibunder, Cidahu, Jampang Tengah, Cikembar, Pabuaran, dan Cicurug.

Kecamatan lainya adalah Cireunghas, Ciracap, Gegerbitung, Cisolok, Cidadap, Ciemas, Bojonggenteng, Tegalbuleud, dan Waluran. Daerah lainnya Curugkembar, Cicantayan, Cikakak, Cimanggu, Ciemas, dan Sukabumi.

Daerah terparah terkena gempa tersebar di beberapa kecamatan. Di antaranya yakni di Kecamatan Kabandungan, Pabuaran, Cikakak, dan Ciemas. (Ferri Amiril Mukminin)

Editor: Adi Kurniawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved