Rp400 Juta Dipersiapkan Bangun Jembatan Gantung Srengseng Sawah

Jembatan gantung baru disiapkan, guna menggantikan dua jembatan gantung yang menghubungkan Jakarta Selatan dan Depok

Rp400 Juta Dipersiapkan Bangun Jembatan Gantung Srengseng Sawah
Warta Kota/Feryanto Hadi
Jembatan Gantung di Srengseng Sawah saat dilewati dua kanak sekolah, Senin (22/1). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Depok, akan menyiapkan jembatan gantung baru, guna menggantikan dua jembatan gantung yang menghubungkan Kota Administrasi Jakarta Selatan dan Kota Depok, di Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Arifin mengatakan, Pemkot Jaksel dan Pemkot Depok, telah membahas bersama terkait pembangunan jembatan baru.

Arifin menjelaskan, pembangunan jembatan rencananya akan menelan dana sebesar Rp 400 juta.

"Pembangunan jembatan akan dikerjakan oleh PT. Wiratman selaku CSR dalam pengerjaan ini," ujar Arifin di kantor Walikota Jakarta Selatan, Rabu (24/1).

Arifin menuturkan, pembangunan hanya menunggu rekomendasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).

Pasalnya, jembatan tersebut berada di atas sungai Ciliwung, yang merupakan kewenangan dari BBWSCC.

"Nanti dari Dinas Bina Marga bersama dengan pelaksana dalam hal ini PT Wiratman, akan meminta rekomendasi terlebih dahulu dengan BBWSCC, untuk pelaksanaan pekerjaannya," ungkapnya.

Terkait dengan keberadaan jembatan yang melintasi jalan warga, Arifin menerangkan bahwa pihaknya akan membagi tugas kepada lurah setempat untuk berkomunikasi dengan pemilik lahan.

"Ini menjadi kebutuhan bersama. Di satu sisi, masyarakat memang butuh, dan kami pemerintah memberikan pelayanan publik, merespon dengan kondisi yang sekarang. Tidak luas, untuk Jakarta sendiri tanah milik warga yang terkena sekitar 20 sampai 30 meter, untuk Depok agak lebih besar, kurang lebih 60 meter," ucapnya.

Sementara itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Manto mengatakan, jembatan baru tersebut memiliki panjang sekitar 50 meter dan lebar dua meter, dengan pengerjaan kurang lebih empat bulan.

"Jembatan yang akan dibangun khusus diperuntukan bagi pejalan kaki saja. Selain itu, aktivitas warga tidak terganggu lantaran jembatan gantung yang lama masih bisa digunakan selama jembatan baru dibangun," pungkasnya.

Diketahui, kondisi dua jembatan gantung yang berada di RT 11 dan RT 12/RW 02 yang merupakan hasil swadaya masyarakat, sudah tidak sebaik dulu lagi.

Oleh karena itu, diperlukan revitalisasi dan pembangunan jembatan baru, agar masyarakat aman melintas.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved