Gempa Bumi Terkini

Meski Picu Kepanikan dan Histeris, Gempa Tidak Bepotensi Tsunami

Masyarakat yang berada di perkantoran, apartemen, hotel, dan bangunan yang tinggi merasakan guncangan lebih keras.

Meski Picu Kepanikan dan Histeris, Gempa Tidak Bepotensi Tsunami
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi kepanikan dan histeris kala gempa melanda. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Gempa bumi berkekuatan berkekuatan 6,1 skala richter yang mengguncang Wilayah Banten, DKI Jakarta hingga separuh Jawa Barat pada Selasa (23/1/2018) siang dipastikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak berpotensi tsunami

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho berdasarkan data tektonik yang terekam. Sehingga, walaupun pusat gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 64 kilometer, tepatnya 43 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Lebak, Banten, gempa tidak berpotensi tsunami

"Gempa tidak berpotensi tsunami. Guncangan gempa dirasakan di daerah Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Intensitas gempa dirasakan di Jakarta, Tengerang Selatan, Bandung, Purwakarta, Kebumen hingga Lampung," jelasnya dalam siaran tertulis pada Selasa (23/1/2018) petang. 

Walau begitu, gempa yang berulang sebanyak 11 kali dengan intensitas ringan hingga sedang itu kaanya sempat memicu kepanikan masyarakat, khususnya wilayah Jakarta, Tangerang Selatan dan Bogor. Masyarakat diketahui berhamburan keluar bangunan dan rumah. 

"Masyarakat yang berada di perkantoran, apartemen, hotel, dan bangunan yang tinggi merasakan guncangan lebih keras sehingga panik dan berhamburan keluar bangunan. Mereka berkumpul di beberapa tempat yang aman," jelasnya. 

Terkait hal tersebut, masyarakat dihimbau untuk tenang dan jangan terpancing pada isu-isu yang menyesatkan bahwa akan terjadi gempa susulan yang lebih besar. Sebab lanjutnya, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) belum mampu memrediksi gempa secara pasti. 

"Wilayah Selatan Jawa memang rawan gempa dan sepi terjadi gempa-gempa besar sehingga harus diwaspadai. Saat merasakan guncangan gempa segera keluar rumah atau mencari tempat-tempat yang aman,"

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help