Pembangunan Infrastruktur

Alasan Jokowi Naik Truk Jajal Jalan Tol Sumatera, Lampung-Palembang Selesai sebelum Asian Games

Presiden pun menjajal Tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan menaiki truk sebagai simbol bahwa tol tersebut merupakan jalur logistik

Alasan Jokowi Naik Truk Jajal Jalan Tol Sumatera, Lampung-Palembang Selesai sebelum Asian Games
Biro Setpres
Sebagai simbol infrastruktur logistik Nasional, Presiden Jokowi menaiki truk untuk meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang diresmikan pada Minggu (21/1/2018). 

WARTAKOTA, LAMPUNG-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui secara kelayakan finansial, keuntungan investasi dari Jalan Tol Trans-Sumatera masih sangat kecil dengan tingkat pengembalian yang panjang.

Namun demikian, itu tak menghalangi konsentrasi pemerintah untuk melakukan percepatan dan keberlanjutan pembangunan infrastruktur di Pulau Sumatera ini.

Jokowi mengatakan hal itu saat meresmikan tol perdana di Lampung, ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Minggu (21/1/2018). 

"Memang banyak yang mengatakan hitung-hitungannya masih sangat kecil keuntungananya. Internal Rate of Return (IRR)-nya kecil, return-nya masih panjang. Tapi, ini adalah kebutuhan yang tidak bisa kita tunda jika ingin menang dalam kompetisi dengan negara-negara lain," tutur Jokowi. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar usai diresmikan pada Minggu (21/1/2018).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar usai diresmikan pada Minggu (21/1/2018). (Biro Setpres)

"Kita akan terus berkonsentrasi di pembangunan infrastruktur, memang ini (ruas Bakauheni-Terbanggi Besar) baru sedikit selesai, saya yakin akhir tahun banyak infrastruktur yang selesai," tambah Jokowi.

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar merupakan salah satu dari 24 ruas Tol Trans Sumatera yang dikembangkan oleh PT Hutama Karya melalui penugasan dari Pemerintah dan ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN). 

Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun
Tol Bakauheni-Terbanggi Besar menelan investasi Rp 16,8 triliun (Biro Setpres)

Tak tanggung-tanggung, dari sisi pembiayaan, tol ini bakal menelan investasi sekitar Rp 16,8 triliun yang dipenuhi dari porsi modal atau ekuitas sudah 52 persen dan 48 persen melalui skema pinjaman perbankan.

Baca: Wow, 5 Manfaat Olahraga Telanjang, Nomor 5 Tubuh Makin Aduhai

Baca: Djajang Nurjaman Pecundangi Mantan Klub

Dari total sepanjang 140,9 kilometer, pembangunan tol yang sudah selesai konstruksinya baru mencapai 14,5 kilometer.

Halaman
12
Editor: Suprapto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved