Pemprov DKI Siapkan Hunian untuk Masyaramat Berpenghasilan Minim

Usai ground breaking hunian subsidi Pemprov DKI dengan DP 0 persen ternyata masih menjadi polemik di masyarakat.

Pemprov DKI Siapkan Hunian untuk Masyaramat Berpenghasilan Minim
Warta Kota/Joko Supriyanto
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri groundbreaking pembangunan hunian DP Nol Persen di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018). 

Laporan Wartawan Wartakotalive, Yosia Margaretta

WARTAKOTA, GAMBIR -- Usai ground breaking hunian subsidi Pemprov DKI dengan DP 0 persen ternyata masih menjadi polemik di masyarakat.

Pasalnya harga rumah Rp 185 juta hingga Rp 302 juta dirasa masih terlalu mahal untuk masyatakat yang penghasilannya UMR kebawah.

Meskipun hunian tersebut dapat dibeli tanpa DP, syarat untuk cicilan hunian tersebut tetap saja harus 30 persen dari penghasilan dan ini dirasa berat oleh masyarakat berpenghasilan minim.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta untuk masyarakat berpenghasilan minim untuk bersabar menunggu program yang akan disusun.

Baca: Tugas Terberat Anies-Sandi Wujudkan Program Rumah DP 0 Persen

"Kita akan atur. Karena itu bagi masyarakat bersabar sebentar, insyallah bulan april kita sudah siap semuanya," ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Jumat (19/1/2018).

Anies menjelaskan nantinya untuk masyarakat berpenghasilan minim adalah dengan sistem sewa yang nantinya bisa menjadi hak milik.

"Nah mreka yang brada di bawah akan sangat sulit nah ini yg mau kita terapkan polanya sewa, tertib bayarnya, perawatannya rapi, nnti diujung akan mnjd milik. Ini skemanya sedang disiapkan itu untuk mereka yang pengasilannya minim," tutur Anies.

Pemprov DKI Jakarta saat ini dalam tahap merumuskan program hunian yang ditujukan untuk masyarakat DKI dengan penghasilan minim.

"Tapi kita siapkan penyewaan dalam jangka panjang mreka tertib nanti diujung menjadi miliknya. Jadi ini lagi dihitung ukuran rumahnya, durasi penyewaannya shhga nnti diahirnya berubah dari sewa menjd milik," tutur Anies.

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved