Pemkot Jakpus Buka Gerai Batik Khas Betawi untuk Melestarikan Budaya Betawi

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Pusat membuka gerai baru bernuansa batik Betawi.

Pemkot Jakpus Buka Gerai Batik Khas Betawi untuk Melestarikan Budaya Betawi
Warta Kota/Rangga Baskoro
Dekranasda DKI Jakarta. Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati (batik biru) saat meresmikan gerai Dekranasda DKI Jakarta di Thamrin City, Kamis (17/1/2019). 

WARTA KOTA, TANAH ABANG -- Thamrin City dikenal sebagai tempat penjualan batik nasional.

Namun, belum ada gerai yang menjual batik khas Betawi secara khusus.

Guna melestarikan kebudayaan asli Jakarta, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jakarta Pusat membuka gerai baru bernuansa batik Betawi.

Diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda DKI Jakarta, Fery Farhati, yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, ia berpesan agar dibukanya Gerai Dekranasda bisa membantu dalam memasarkan produk Pengrajin Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

"Kami berusaha mendekatkan pengrajin dengan pembeli. Hal ini sejalan dengan tujuan Dekranasda DKI Jakarta untuk membantu mempromosikan sekaligus melestarikan produk kerajinan Betawi," kata Fery di Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Fery menambahkan, selain memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak membeli produk kerajinan Betawi. Keberadaan gerai Dekranasda diharapkan menjadikan batik Betawi sebagai identitas Jakarta.

"Ini adalah warisan budaya yang harus kita jaga bersama dan lestarikan,” katanya.

Turut hadir dalam acara peresmian itu Wali Kota Jakarta Pusat, Manggara Pardede dan istri yang juga merupakan Koordinator Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat, Rintje Lumban Raja.

Nantinya, gerai Dekranasda Jakarta Pusat akan beroperasi setiap hari mulai jam 10.00 - 18.00. Gerai tersebut berlokasi di Thamrin City, Lantai 1, Blok H37 nomor 6 dan 9.

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved