VIDEO: Penjelasan Pengelola BEI Soal Runtuhnya Balkon

"Dari hasil tersebut bisa disampaikan bahwa struktur kegagalan adalah sekunder bukan struktur utama dari gedung

WARTA KOTA, JAKARTA- - Pengelola Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) terus meneliti penyebab robohnya bangunan balkon di tower II BEI.

Bahkan, Pengelola telah menujuk tim dari pihak swasta untuk mencari tahu penyebab robohnya bangunan di lantai 1 pada Senin (15/1/2018) sekitar pukul 11.55 WIB kemarin.

Dari hasil penelitian sementara, ditemukan ada kegagalan konstruksi dari balkon yang roboh tersebut.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan konstruksi balkon sehingga tak kuasa menahan beban.

Peryataan tersebut disampaikan langsung oleh pihak pengelola Gedung BEI, Farida saat konfrensi pers di Gedung BEI, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (16/1/2018).

"Dari hasil tersebut bisa disampaikan bahwa struktur kegagalan adalah sekunder bukan struktur utama dari gedung. Kedua kegagalan itu dimulai dari kapasitas sambungan penggantung lantai Mezzanin yang terlampaui," kata Farida.

"Ketiga antara gedung tower satu dan tower dua adalah dua bangunan yang independen yang secara struktur itu terpisah. Tapi secara akan disarankan untuk struktur sekunder akan dilakukan assessment semuanya walaupun terpisah," tambahnya.

Meski ditemukan kegagalan konstruksi di balkon lantai satu tower dua, Fadira menjelaskan bahwa hal itu tidak berpengaruh terhadap struktur utama gedung.

Ia juga mesatikan bahwa gedung utama tetap aman.

"kegagalan tersebut tidak berpengaruh pada struktur utama gedung, jadi secara secara konstruksi gedung bisa kita nyatakan dua tower kondisinya aman," papar Farida.

Sebagai tindak lanjut temuan tersebut, pihaknya akan melakukan assesment terhadap konstruksi bangunan.

Setelah adanya perbaikan selasar di tower satu dan dua, maka gedung akan kembali digunakan.

"Ini pernyataan dari consultants yang kita tunjuk menyatakan gedung bursa dalam kondisi aman. Untuk penyebab kejadian kemarin kita belum bisa beri statement karena ini wewenang Puslabfor," terang Farida.

Sementara itu, dalam keterangan pers tersebut, turut hadir Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono.(*)

Editor: ahmad sabran
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help