Bisnis Otomotif Wahana Artha Group Tumbuh Positif

“Tipe AT (matic) menjadi pilihan utama masyarakat dengan penjualan hingga 352.200 unit. Peringkat berikutnya diraih motor sport.."

Bisnis Otomotif Wahana Artha Group Tumbuh Positif
Warta Kota/Hironimus Rama
CHIEF Financial Officer Wahana Artha Group (WAG) Taufik Aulia (duduk di motor) berpose bersama jajaran manajemen WAG usai pemaparan kinerja bisnis Wahana Artha Group selama 2017 dan rencana bisnis 2018 kepada para wartawan di Gedung Wahana Artha, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (17/1/2018). 

WARTA KOTA, GUNUNG SAHARI --- Bisnis otomotif Wahana Artha Group (WAG) berhasil mencatat kinerja yang positif selama tahun 2017 lalu. WAG memiliki lima perusahaan yang yang bergerak di bidang otomotif, yaitu PT Wahana Makmur Sejati (WMS), PT Wahanaartha Ritelindo (WARI), PT Tristar Transindo (TST), PT Wahana Kalyanamitra Mahardika (WKM), dan PT WOM Finance Tbk.  

Main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS), berhasil menguasai penjualan sepeda motor di kawasan ini sepanjang 2017 lalu dengan penjualan mencapai 392.500 unit (all type). Angka ini setara dengan 71% pangsa pasar di Jakarta-Tangerang.

Chief Financial Officer Wahana Artha Group Taufik Aulia mengatakan meskipun kondisi pasar 2017 kurang bergeliat, namun konsumen tetap menjadikan Honda sebagai moda transportasi pilihan. Tipe matic masih mendominasi dengan penjualan hampir mencapai 90%.

“Tipe AT (matic) menjadi pilihan utama masyarakat dengan penjualan hingga 352.200 unit. Peringkat berikutnya diraih motor sport dengan angka penjualan 21.100 unit (all type) dan tipe cub (bebek) dengan berhasil terjual 18.600 unit,” kata Taufik di Gedung Wahana Artha, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (17/1/2018).

Menurut Taufik, angka penjualan 2017 ini cukup memuaskan meski turun 1% dari pencapaian tahun 2016. Pasalnya, penurunan penjualan ini tidak sebesar penuruan pasar secara umum. Tahun 2018 ini Wahana menargetkan kenaikan penjualan sebesar 5%.

“Tahun 2018 kami menargetkkan penjualan sebesar 419.000 unit. Kami optimis bisa mencapai angka ini karena pertumbuhan ekonomi semakin bagus,” paparnya.

CHIEF Financial Officer Wahana Artha Group Taufik Aulia memaparkan kinerja bisnis Wahana Artha Group selama 2017 dan rencana bisnis 2018 kepada para wartawan di Gedung Wahana Artha, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (17/1/2018).
CHIEF Financial Officer Wahana Artha Group Taufik Aulia memaparkan kinerja bisnis Wahana Artha Group selama 2017 dan rencana bisnis 2018 kepada para wartawan di Gedung Wahana Artha, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Rabu (17/1/2018). (Warta Kota/Hironimus Rama)

Sementara itu, PT Wahanaartha Ritelindo juga terus bergeliat dengan merambah berbagai wilayah Indonesia. Sebagai perusahaan ritel sepeda motor Honda, WARI kini telah memiliki 21 Dealer (H123) yang tersebar tidak hanya di Jakarta dan Tangerang, namun juga beberapa lokasi seperti Bandung, Yogyakarta, Palembang, Medan, Kupang, dan Kotamobagu.

“Tahun 2017 penjualan WARI tumbuh baik. Kami berhasil menjual hingga 46.200unit (all type),” papar Head of Retail WARI, Budi Setiawan.

PT Tristar Transindo tak ketinggalan semakin memantapkan diri sebagai penyedia jasa transportasi logistik terpercaya. Berkantor pusat di Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, kini Tristar memiliki ratusan armada yang melayani motorcycle carrier, car carrier, cargo box, hingga truk towing.

“Tristar berkomitmen untuk tumbuh sebagai layanan transportasi yang handal dan siap memberikan layanan terbaik. Tidak hanya memperbarui armada,  kami juga mengembangkan kemampuan digital sehingga mempermudah konsumen. Hingga kini 400 klien, baik korporat maupun individu, menjadi pengguna layanan Tristar,” jelas Direktur Tristar, Yos Dharmawan.  

Sedangkan PT Wahana Kalyanamitra (WKM), selaku perusahaan yang bergerak di bidang customer loyalty, kini mengembangkan digitalisasi berupa aplikasi Wahana Honda Smart Community. Selain aplikasi, WKM memberikan keuntungan dengan ratusan merchant yang bekerjasama untuk pemegang kartu Honda VIP Card.

“Prospek bisnis otomotif 2018 cukup bagus. Kami optimis tahun ini lini otomotif WAG akan terus tumbuh dan berkembang. Apalagi dengan berbagai inovasi layanan yang kami berikan ke konsumen,” pungkas Taufik Aulia. (Hironimus Rama)

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved