VIDEO: Napi Ini Sukses Menipu dengan Modus Sebagai Pejabat Polisi

"MS dan temannya yang mantan napi berinisial MJS membuat Facebook fotonya dibuat Irjen Martuani sehingga dia mudah komunikasi lewat Facebook,

WARTA KOTA, JAKARTA- Seorang narapidana berinisial JD ditangkap dari tahanannya di Lapas Siborong-borong di Sumatera Utara karena telah melakukan penipuan dengan modus mengaku sebagai pejabat kepolisian yang menawarkan mobil barang bukti yang dilelang.

"MS dan temannya yang mantan napi berinisial MJS membuat Facebook fotonya dibuat Irjen Martuani sehingga dia mudah komunikasi lewat Facebook," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Rabu (17/1/2018).

Dari Facebook itu, kedua tersangka menawarkan lelang mobil barang bukti dengan harga di bawah pasar. Mobil yang ditawarkan antara lain Toyota Fortuner seharga Rp 270 juta, Mitsubishi Pajero seharga Rp 330 juta, Toyota Inova Rp 170 juta, Avanza Rp 130 juta, dan Honda CRV seharga Rp 200 juta. Setelah korbannya tertarik atas tawaran itu, JD kemudian menghubungi lewat WhatsApp dan telepon untuk meyakinkan dan menginstruksikan pembayaran ke rekening tertentu.

"Total kerugian sekitar Rp 500 juta, ada 10 korban yang melaporkan ada juga yang belum melaporkan," kata Argo.

JD sendiri saat ini tengah menjalani tahun terakhirnya dari vonis lima tahun atas kasus narkoba. Sementara MDS yang juga bekas tahanan narkoba, masih dicari kepolisian. Keduanya dikenakan Pasal 28 ayat (1) juncto Pasal 45 A ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan atau Pasal 372 KUHP dan atau Pasal 3,4,5 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang.

KOMPAS.com/NIBRAS NADA NAILUFAR

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved