Home »

News

» Jakarta

Waspada Pencurian Modus Ganjal ATM

Penangkapan lima orang tersangka ganjal ATM dalam sepekan belakangan menjadi peringatan kepada masyarakat agar selalu waspada.

Waspada Pencurian Modus Ganjal ATM
Warta Kota/Dwi Rizki
Unit V Resmob Polres Metro Jakarta Selatan kembali membekuk tiga orang tersangka pelaku ganjal ATM di Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1/2018) 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Penangkapan lima orang tersangka ganjal ATM di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Selatan dalam sepekan belakangan diungkapkan Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Mardiaz K Dwihananto menjadi peringatan kepada masyarakat agar selalu waspada.

Sebab dalam prakteknya, kelima tersangka yakni Erwin (28) dan Agung (37) pelaku ganjal ATM yang diamankan di Jalan Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan pada Kamis (11/1/2018) serta DSI (41), U alias Kunyuk (52) dan AA (24) di Tangerang pada Jumat (12/1/2018) kemarin menggunakan modus serupa dalam menjalankan aksinya.

"Mereka berpura-pura menolong korban, kemudian menukar Kartu ATM dan menguras isi tabungan milik korban," ungkapnya kepada Warta Kota pada Minggu (14/1/2018).

Hal tersebut ditunjukkan dari kronologis kejadian, yakni berawal ketika korban hendak mengambil uang di ATM Carefour Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada tanggal 25 Desember 2017.

Baca: Empat Pelaku Ganjal ATM Ditetapkan Jadi DPO

Namun, lantaran ATM telah diganjal pelaku, ATM milik korban tersangkut di dalam ATM, para pelaku kemudian masuk dan mencoba menolong.

Namun tanpa disadari, kartu ATM pelapor telah ditukar dengan kartu milik orang lain yang sebelumnya dibawa oleh pelaku.

Selanjutnya, usai korban meninggalkan ATM, pelaku menguras seluruh isi tabungan milik korban hingga mencapai Rp 17 juta.

"Modus Operandi Pelaku adalah melakukan aksinya secara berkelompok, salah satu dari mereka bertugas memasang tusuk gigi atau lidi di lubang kartu mesin ATM untuk mengganjel kartu ATM korban. kemudian Kartu ATM korban tersangkut dan ada yang berpura-pura membantu korban , mengintip PIN korban dan menukar kartu ATM korban dengan punya pelaku setelah itu menggunakan Kartu ATM korban tanpa Izin," jelasnya.

Terkait hal tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan hingga mendapatkan identitas tiga orang pria yang diduga melakukan penipuan, antara lain DSI (41) warga Jalan Mina XI RT 04/12 Panunggangan Barat , Cibodas, Tangerang, U alias Kunyuk (52) warga Cibodas Kecil RT 06/03 Cimone, Karawaci Baru, Kota Tangerang dan AA (24).

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help