Refungsi Jalan Dan Saluran Pedagang Pisangan Lama Direlokasi ke Pasar Enjo

Para PKL yang saat ini menduduki Lokasi Sementara di kawasan Pisangan Lama Dua, seluruhnya akan direlokasi ke Pasar Enjo.

Refungsi Jalan Dan Saluran Pedagang Pisangan Lama Direlokasi ke Pasar Enjo
Warta Kota/Joko Supriyanto
Pedagang Pasar Pisangan Lama Dua akan Direlokasi ke Pasar Enjo, Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, PULOGADUNG -  Para pedagang kaki lima yang saat ini menduduki Lokasi Sementara (loksem) di kawasan Pisangan Lama Dua, Pulogadung, Jakarta Timur seluruhnya akan direlokasi ke Pasar Enjo.

Relokasi tersebut dilakukan berkaitan mengenai akan merefungsi jalanan yang diduduki PKL tak hanya itu saluran air dikawasan tersebut juga akan direfungsi sebagai mana mestinya.

"Jadi akan dilakukan refungsi jalan dan saluran dikawasan tersebut biar lebih rapi lagi, untuk itu kita akan relokasi," kata Kasudin KUMKMP Jakarta Timur, Samsu Rizal saat dikonfirmasi, Sabtu (13/1/2018).

Dikatakan Rizal bahwa relokasi sendiri sudah dilakukan secara bertahap mulai dari sosialisasi kepada pedangan untuk segera pindah. Menurutnya adanya rencana relokasi ini seluruh pedagang sudah menyetujui hal tersebut dan siap untuk pindah.

"Kalo sekarang sudah mulai jalan ada beberapa yang sudah pindah, tapi tahu sendiri para pedagang entar-entar, makanya kalo nanti batas waktunya tidak pindah maka kita dorong untuk pindah," katanya.

Untuk itu Rizal berharap para pedagang segera pindah, agar lokasi tersebut bisa segera direfungsi baik itu jalan maupun saluran, pasalnya para pedagang ini sering kali mempersempit jalan.

"Kita sudah siapkan tempat di Pasar Enjo, mareka juga tidak menolak kecuali tidak ada tempat mungkin mereka akan menolak," katanya .

Terkait relokasi ke Pasar Enjo pihaknya mengaku menyerahkan kepada PD Pasar Jaya, nanti segala urusan pasar akan dikelola oleh PD Pasar Jaya.

Sementara itu PD Pasar Jaya telah menyiapkan lahan khusus disamping bagunan Pasar Enjo untuk para pedagang yang akak masuk ke Pasar Enjo.

Nantinya akan disiapkan tenda berukuran 40 x 50 meter persegi dan meja untuk pedagang.

Para pedagang nantinya dapat berjualan dari pukul 18.00 - 06.00. Selebihnya tenda tersebut akan dimanfaatkan pasar sebagai area parkir pengujung.

"Kalo kami memang sudah menyiapkan lahan, dan kita siap menampung, nah sekarang tinggal action aja, tapi sampai saat ini belum dilakukan, walau memang sudah ada yang mendaftar," kata Manager Area Timur PD Pasar Jaya, Sion Purba.

Dikatakan Sion saat ini sudah ada 150 pedagang yang telah melakukan pendaftaran untuk pindah ke Pasar Enjo. Namun pihaknya terus menyiapkan dan menambah fasilitas sehingga dapat menampung kurang lebih 240 pedangan.

Hingga kini pihaknya masih membuka kesempatan bagi pedagang yang menempati loksem di Pisangan Lama untuk mendaftarkan diri pindah ke Pasar Enjo.

"Kita akan fasilitasi secara gratis dengan ketentuan membayar retribusi sesuai aturan yang berlaku," katanya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved