Setyowati Harbani Dari Panggung Teater Beralih ke Dunia Seni Lukis

Ia pernah menjadi pemeran utama dalam film lepas yang disiarkan TVRI Jakarta. Ketika itu ia mendapat peran dalam film layar lebar karya Arifin C Noor.

Setyowati Harbani Dari Panggung Teater Beralih ke Dunia Seni Lukis
ist
Setyowati Harbani (kiri) berpose bersama hasil karya Tini Jameen (kanan) pelukis Yogyakarta. 

WARTA KOTA, PALMERAH--Nama lengkapnya Setyowati Harbani. Mengawali kegiatan seni peran sejak kecil, dari panggung 17 Agustusan.

Setelah itu ia mulai tertarik dengan dunia teater. Kemudian Harbani mendirikan sanggar teater, hingga pentas di Gedung Kesenian Jakarta.

Ia pernah menjadi pemeran utama dalam film lepas yang disiarkan TVRI Jakarta. Bahkan, ketika itu ia mendapat peran dalam film layar lebar karya Arifin C Noor.

Selain itu, ia juga bermain di Film 'Ambilkan Bulan' karya Ifa Ifansyah.

Harbani menempuh pendidikan di STSI Surakarta tahun 1993.

Belakangan, ia mulai tertarik dengan dunia seni lukis dan mulai aktif menggelar pameran lukisan sejak tahun 2016 di Solo dan Yogyakarta.

"Dan yang membanggakan saya bisa mengikuti pameran bersama maestro Yogyakarta di IKAISYO tahun 2017 lalu," ujar Harbani.

Saat ini ia memiliki puluhan lukisan di rumahnya di Yogyakarta. Ketika ditanya soal aliran lukisannya, Harbani mengatakan, "Tidak menganut aliran meski menyukai gaya Van Gogh. Saya lebih menyesuaikan penguasaan tehnik melukis dalam perkembangannya. Terserah orang menganggap aliran apa," ujarnya.

Namun diakuinya, pada awalnya ia lebih mendalami penguasaan tehnik, dan realis.

Sebenarnya, kata Harbani, ia tidak memiliki bakat melukis. Namun, sejak kuliah ia mulai menyukai dunia lukis.

Halaman
12
Penulis: Achmad Subechi
Editor: Achmad Subechi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help