LBH GP Ansor Sebut Harusnya Pelapor Joshua Suherman Klarifikasi

Siapa pun yang melaporkan Joshua dan Ge Pamungkas, seharusnya mereka meminta klarifikasi dahulu, mediasi, tabayun

LBH GP Ansor Sebut Harusnya Pelapor Joshua Suherman Klarifikasi
istimewa

WARTA KOTA, JAKARTA- Lembaga Bantuan Hukum GP Ansor, kuasa hukum komika Joshua Suherman, mengatakan pelapor klien mereka, Forum Umat Islam Bersatu (FUIB), seharusnya meminta klarifikasi sebelum melapor ke Badan Reserse Kriminal Mabes Polri.

"Siapa pun yang melaporkan Joshua dan Ge Pamungkas, seharusnya mereka meminta klarifikasi dahulu, mediasi, tabayun," kata Direktur Advokasi dan Litigasi LBH GP Ansor Achmad Budi Prayoga saat dihubungi Antara News di Jakarta, Selasa.

"Prinsipnya, materi mereka tidak menyinggung ajaran agama. Artinya, mereka tidak menyinggung misalnya soal puasa, shalat, ayat Al-Quran. Kami sudah melihat dan mengkaji videonya," katanya tentang tindakan Joshua dan Ge.

Achmad menekankan perlunya klarifikasi sebelum membawa satu perkara berkaitan dengan isu agama ke ranah hukum karena itu bisa memicu tanggapan negatif.

"Apalagi ini isu agama dan kita punya pengalaman yang tidak baik. Kalau tidak diklarifkasi, bisa mendapat tanggapan negatif. Klarifikasi dulu, tunjukan mana yang menyinggung," kata Achmad.

Dia juga menyatakan akan memfasilitasi pihak-pihak yang ingin bertemu dengan Joshua dan Ge untuk mengklarifikasi materi komedi yang mereka sampaikan.

FUIB melaporkan Joshua, yang sewaktu kecil terkenal sebagai penyanyi, ke polisi karena keberatan dengan materi komedinya, yang dianggap menyinggung agama.

Pada Senin (8/1) malam, Joshua dan Ge Pamungkas mendatangi LBH GP Anshor untuk meminta bantuan hukum karena materi komedi mereka dianggap menyinggung penganut agama.

Seperti diketahui, Joshua dilaporkan karena ucapannya dalam standup comedy. Saat itu Joshua mengatakan bahwa personel Cherrybelle Anisa Rahma bisa lebih terkenal dan lebih populer ketimbang ketua grup Cherrybelle Cherly Juno adalah karena alasan agama.

“Zaman dulu, semua mata tertuju pada Anisa. Semuanya Anisa. Padahal skill nyanyi tipis-tipis, skill nge-dance tipis-tipis, cantik relatif, ya kan? Gue mikir kenapa Anisa selalu unggul dari pada Cherly, ah sekarang gue ketemu jawabannya. Makanya Che (Cherly), Islam,” kata Joshua yang kemudian disambut tawa oleh para penonton.

Editor: ahmad sabran
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help