Pilkada Serentak 2018

KPU Kota Bekasi Tagih Sisa Dana Pilkada ke Pemerintah

KPU Kota Bekasi menagih sisa dana Pemilihan Kepala Daerah 2018 ke Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

WARTA KOTA, BEKASI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menagih sisa dana Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 ke Pemerintah Kota Bekasi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Sebab, saat ini sudah memasuki rangkaian Pilkada, apalagi Rabu (10/1/2018) merupakan hari terakhir pasangan calon mendaftar ke kantor KPU.

"Masih ada sekitar Rp 38 miliar dana yang belum diberikan ke kami untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2018 dari Kota Bekasi," ujar Ketua KPU Kota Bekasi, Ucu Asmara Sandi di kantornya Jalan Ir H Djuanda, Bekasi Timur, Rabu (10/1/2018).

Ucu mengatakan, alokasi anggaran Pilkada 2018 dari Kota Bekasi sebesar Rp 43 miliar.

Pada akhir 2017, Kota Bekasi telah mengucurkan dana ke KPU sebesar Rp 4,7 miliar melalui anggaran pendapatan dan belanja (APBD-Perubahan) 2017.

"Kami juga mendapat dana hibah dari Pemprov Jawa Barat sebesar Rp 5 miliar. Karena Pilkada nanti bukan hanya pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, tapi juga pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat," kata Ucu.

Menurut dia, bila dana hibah itu ditotal maka besaran yang diperoleh KPU untuk pelaksanaan Pilkada mencapai Rp 48 miliar.

Angka ini lebih rendah Rp 16 miliar dari yang diajukan KPU sebesar RP 59 miliar pada tahun 2017 lalu.

"Bukan hanya Pemkot Bekasi, tapi Pemprov Jawa Barat juga belum melunasi sisa dana Pilkada. Namun untuk Jawa Barat saya angkanya lupa," jelas dia.

Kepala Divisi Umum, Keuangan dan Logistik KPU Kota Bekasi, Kanti Prayogo menambahkan, Pemprov Jawa Barat menyalurkan anggaran biasanya per kegiatan.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help