BPTJ Uji Coba Operasional Bus Transjabodetabek Premium, Trayeknya Tangcity Mall-ITC Kuningan

Putu menuturkan, headway atau waktu tunggu operasional transportasi ini berkisar 30 menit,

BPTJ Uji Coba Operasional Bus Transjabodetabek Premium, Trayeknya Tangcity Mall-ITC Kuningan
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Perum PPD, dan pengelola Tangcity Mall, menggelar uji coba operasional perdana angkutan umum premium, Rabu (10/1/2018) pagi. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Perum PPD, dan pengelola Tangcity Mall, menggelar uji coba operasional perdana angkutan umum premium, Rabu (10/1/2018) pagi.

Uji coba yang berlangsung di Mall Tangcity, Kota Tangerang tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala BPTJ Bambang Prihartono, Direktur Utama Perum PPD Putu Pance Yasa, Building Manager Tangcity Mall Wina Andriyani, dan Kadishub Kota Tangerang Saeful Rohman.

Dalam uji coba tersebut dikerahkan 10 unit bus untuk mengangkut penumpang, dengan trayek Tangcity Mall-ITC Kuningan Jakarta pulang pergi.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Perum PPD, dan pengelola Tangcity Mall, menggelar uji coba operasional perdana angkutan umum premium, Rabu (10/1/2018) pagi.
Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Perum PPD, dan pengelola Tangcity Mall, menggelar uji coba operasional perdana angkutan umum premium, Rabu (10/1/2018) pagi. (WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA)

"Pemerintah punya PR (pekerjaan rumah) besar untuk mengoptimalkan moda transportasi massal. Oleh karena itu, dengan layanan baru angkutan premium ini, masyarakat bisa tertarik dan beralih dari kendaraan pribadi," ujar Kepala BPTJ Bambang Prihartono, saat ditemui Warta Kota di Mall Tangcity, Tangerang, Rabu (10/1/2018) pagi.

Bambang mengklaim, transportasi teranyar ini dapat meminimalisasi kemacetan di Tangerang dan Jakarta.

"Jangka panjangnya untuk mengurangi kemacetan. Yang paling penting bangun sistem transportasi yang andal. Jika sistemnya sudah terbangun baik, pasti dampaknya mulai terasa," ucapnya.

Baca: Andi Narogong Ungkap 7 Juta Dolar AS dari Anggaran e-KTP Dialirkan ke DPR

Direktur Utama Perum PPD Putu Pance Yasa menambahkan, angkutan umum premium ini dapat mempermudah akses masyarakat. Sebab, armada bus tersebut melalui jalur khusus, yakni melewati jalan tol.

"Sehingga dari Tangcity ke Kuningan diupayakan hanya satu jam saja," kata Putu.

Putu menuturkan, headway atau waktu tunggu operasional transportasi ini berkisar 30 menit, dan beroperasi di jam-jam sibuk masyarakat berangkat dan pulang kerja.

Baca: Ahmad Dhani: Kalau Memang Saya Mau Ditahan, Tahan Sekarang, Enggak Usah Pakai Basa-basi

"Dari jam 05.00 kami mulai start. Walaupun jumlah penumpang ada berapa orang, bus ini tetap berangkat tepat waktu," bebernya.

Building Manager Tangcity Mall Wina Andriyani menilai pihaknya akan sangat terbantu dengan transportasi ini. Terlebih, menurutnya kawasan Kuningan di Jakarta Selatan menjadi momok menakutkan yang kerap kali menimbulkan kemacetan panjang.

"Makanya ini acuan kami melakukan kerja sama dengan BPTJ dan PPD. Sebab, sulit memang mencari angkutan umum yang memadai, dari Tangcity ke Kuningan saja kalau menggunakan kendaraan pribadi itu bisa lebih sampai dua jam karena macetnya parah," papar Wina. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help