WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Baru Diperbaiki, Tutup Box Ducting di Jalan Lodan Raya Rusak Lagi

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan mengganti tutup box ducting yang rusak dengan yang baru.

Baru Diperbaiki, Tutup Box Ducting di Jalan Lodan Raya Rusak Lagi
WARTA KOTA/JUNIANTO HAMONANGAN
Tutup box ducting di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara yang baru dipasang, rusak lagi. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN - Proyek pengerjaan 32 lubang box ducting di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara, sudah rampung dan ditutup pada Desember 2017.

Namun tidak lama berselang, tutup box ducting tersebut sudah rusak lagi. Pantauan di lokasi, beberapa tutup box ducting di Jalan Lodan Raya sudah rusak dan pecah. Box ducting lainnya ditutupi menggunakan aspal. Sebagian beton Movable Concrete Barrier (MCB) juga masih dipakai melindungi box ducting.

Kepala Seksi Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara Libertus Sagala mengatakan, rusaknya tutup box ducting disebabkan beban kendaraan yang melintas.

Baca: Kerap Makan Korban, Lubang Besar di Jalan Lodan Raya Dipasangi Pagar Beton

“Sebenarnya tutup box ducting tersebut bisa menahan beban hingga 10 ton. Namun karena beban kendaraan yang melintas di lokasi tersebut melebihi perkiraan, jadinya rusak lebih dari seharusnya,” kata Libertus, Rabu (10/1/2018).

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihaknya akan mengganti tutup box ducting yang rusak dengan yang baru. Spesifikasi teknisnya juga akan ditingkatkan menjadi 16 mm dari sebelumnya 13 mm.

“Saat ini masih dalam proses pembuatan, belum tahu kapan selesainya. Jumlahnya banyak, satu lubang ada tiga tutup. Namun kami berharap secepatnya bisa selesai supaya bisa segera ditangani,” tuturnya.

Baca: Idrus Marham: Jokowi Punya Tanggung Jawab Supaya Perolehan Suara Golkar di 2019 Tidak Semakin Kecil

Ia menambahkan, proses perbaikan dan penanganan tersebut seluruhnya masih dilakukan oleh vendor. Sebab, saat ini proyek tersebut masih dalam proses pemeliharaan dan tanggung jawab vendor.

“Proses pemeliharaan kan satu tahun, jadi kalau ada kerusakan tentunya menjadi tanggung jawab vendor. Itu sudah jadi risiko mereka,” jelasnya.

Khusus mengenai pengaspalan yang digunakan untuk tutup box ducting, hal itu dilakukan hanya sementara, hingga proses pembuatan yang baru selesai. Tindakan tersebut diambil semata-mata untuk menghindari para pengendara terperosok. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help