WartaKota/

Ahok Gugat Cerai

Hakim PN Jakarta Utara Berharap Ahok-Veronica Tidak Bercerai

Pihak PN Jakarta Utara yang diwakili oleh majelis hakim akan menempuh upaya mediasi terlebih dahulu untuk mengusahakan jalan damai

Hakim PN Jakarta Utara Berharap Ahok-Veronica Tidak Bercerai
TRIBUNNEWS/WAHYU AJI
Veronica Tan, istri Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), membacakan surat yang ditulis tangan suaminya dari balik tahanan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. 

WARTAKOTA, PALMERAH-- Pihak PN Jakarta Utara yang diwakili oleh majelis hakim akan menempuh upaya mediasi terlebih dahulu untuk mengusahakan jalan damai bagi penggugat dan tergugat.

Demikian dikatakan oleh Humas PN Jakarta Utara, Jootje Sampaleng kepada awak media Senin siang (08/01) di Kantornya, Jalan Gajah Mada Jakarta Pusat.

"Upaya mediasi akan dilakukan setelah proses sidang pertama. Meskipun saat ini kondisi penggugat dalam hal ini Ahok sedang menjalani masa tahanan, pada saat mediasi ia diwajibkan untuk datang karena akan ada konsekuensi hukumnya," kata Jootje.

Baca: Pesinetron Berhijab Ini Aku Punya Masalah

Baca: Jeritan Sunyi Cinta Purnama, Spekulasi Perceraian Ahok-Vero yang Viral

Mediator yang dimaksudkan bersifat terbuka, apakah internal PN yang sudah bersertifikat atau eksternal dengan ketetapan ketua pengadilan.

Mengenai kewajiban menghadiri mediasi ini tertuang dalam Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2016 Bagian Keempat Pasal 6.

Pertama, para pihak wajib menghadiri secara langsung pertemuan mediasi dengan atau tanpa didampingi oleh kuasa hukum.

Kedua, kehadiran para pihak melalui komunikasi audio visual jarak jauh sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 ayat 3 dianggap sebagai kehadiran langsung.

Pasal 5 ayat 3 PERMA Nomor 1 Tahun 2016 menjelaskan bahwa mediasi dengan komunikasi audio visual jarak jauh dapat dilakukan asalkan semua pihak bisa saling melihat, mendengar dan berpartisipasi secara langsung dalam mediasi.

Halaman
12
Penulis: Hamdi Putra
Editor: Suprapto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help