Anies Baswedan Utak-atik Aturan TGUPP, Status Mantan Pimpinan KPK Seperti Guru Non PNS

Ada sederet hal yang menuai pro dan kontra yang dilakukan Anies-Sandi terkait TGUPP.

Anies Baswedan Utak-atik Aturan TGUPP, Status Mantan Pimpinan KPK Seperti Guru Non PNS
Warta Kota/Nur Ichsan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa warga yang datang ke Monas, saat meninjau persiapan panggung rakyat jelang perayaan tahun baru di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (30/12/2017). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Tim gubernur untuk percepatan pembangunan (TGUPP) tak bisa dibendung. Ada sederet hal yang menuai pro dan kontra yang dilakukan Anies-Sandi terkait TGUPP. Inilah empat di antaranya:

1. Formasi Diubah

Di Pergub 411/2016 tentang TGUPP di era Ahok, jumlah TGUPP hanya 15 orang. Tapi di Pergub 187/2017 tentang TGUPP yang diteken Gubernur Anies Baswedan, jumlah anggota membengkak jadi 73 orang. Banyak pihak menduga Anies hendak memasukkan tim suksesnya saat Pilgub, ke dalam TGUPP.

2. Ubah Kriteria Profesional

Gubernur DKI Anies Baswedan mengubah kriteria profesional/ahli bagi anggota TGUPP. Padahal, pada Pergub 411/2016 di era Ahok, kriteria profesional merupakan keharusan.

Tapi di Pergub 187/2017 yang diteken Anies Baswedan, kriteria profesional diganti jadi non-PNS. Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah menilai, hal itu sebagai salah satu cara Anies memasukkan tim suksesnya ke dalam TGUPP.

Sedangkan anggota Komisi C DPRD DKI Ruslan Amsyari menilai Anies telah membohongi publik dengan mengubah kriteria itu.

Baca: Anies Baswedan Hapus Kriteria Profesional di Pergub TGUPP, Ini Imbasnya Terhadap APBD

Apalagi, Anies berkoar ke media, TGUPP berisi orang-orang profesional dengan mencontohkan Bambang Widjojanto yang jadi ketua bidang pencegahan korupsi TGUPP.

3. Ogah Pakai Dana Operasional Gubernur

Halaman
12
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved