Pria Indonesia Dijebloskan ke Penjara di Singapura Gara-gara Lakukan Ini

Pria berusia 24 tahun itu terbukti mencuri 22 kaleng susu bubuk bernilai lebih dari 1500 dolar Singapura atau sekitar Rp 15 juta.

Pria Indonesia Dijebloskan ke Penjara di Singapura Gara-gara Lakukan Ini
bplawyers.co.id
ILUSTRASI sidang pengadilan 

WARTA KOTA, SINGAPURA --- Andika, seorang warga negara Indonesia (WNI) di Singapura dijebloskan ke penjara selama seminggu setelah terbukti bersalah melakukan tindak pidana pencurian.

Straits Times melaporkan Rabu (3/1/2018), pria berusia 24 tahun itu terbukti mencuri 22 kaleng susu bubuk bernilai lebih dari 1500 dolar Singapura atau sekitar Rp 15 juta.

Dalam proses persidangan, deputi jaksa penuntut publik, Jaime Pang menyatakan, pelaku awalnya memasang iklan penjualan susu bubuk melalui laman jual beli Carousell dengan harga yang lebih murah.

Proses transaksi pun berlangsung di mana pembeli yang tertarik kemudian melakukan tawar-menawar susu bubuk yang ingin dibeli.

Pelaku kemudian mencari kemasan yang diinginkan di supermarket dan mencurinya secara diam-diam dengan memakai masker dan troli besar untuk menyembunyikan tindak kriminalnya.

Aksi ini telah dilakukan sejak 30 Oktober 2017 di sebuah supermarket di kawasan Toa Payoh, utara Singapura. Andika kemudian berpindah-pindah ke sejumlah supermarket lainnya

Andika berhasil mengumpulkan total uang sebesar 860 dolar Singapura (Rp 8.6 juta) yang dipakainya untuk menutupi hutang judinya.

Namun, tindak kriminal ini berhasil dideteksi salah satu petugas keamanan supermarket yang curiga dengan gerak gerik aneh pelaku di bagian penjualan susu.

Petugas keamanan mendapati pelaku memasukkan dua kaleng susu bubuk ke troli supermarket.

Setelah membayar grosiran lain, petugas menangkap pelaku di luar supermarket setelah menemukan sejumlah kalengan susu yang telah digondol tanpa dibayar.

Andika mengakui kesalahannya dan akan menjalani hukuman penjaranya mulai 10 Januari. Beruntung, dia terhindar dari tuntutan kurungan  maksimal 7 tahun penjara ditambah dengan denda. (Kontributor Singapura, Ericssen)

Artikel ini diunggah juga di Kompas.comCuri 22 Kaleng Susu, Pria Indonesia Dipenjara Seminggu di Singapura

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help