Pembangunan Flyover Cipinang, Jalan Bekasi Timur Diberlakukan Lawan Arah

"Contraflow tidak panjang, tidak sampai 1 kilometer karena hanya untuk mengalihkan yang mau lurus saja (ke Pondok Kopi).

Pembangunan Flyover Cipinang, Jalan Bekasi Timur Diberlakukan Lawan Arah
Kompas.com
Contraflow akibat pembangunan Flyover Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (4/1/2018)(Stanly Ravel) 

WARTA KOTA, JAKARTA- Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur memberlakukan sistem contraflow di Jalan Bekasi Timur Raya guna memperlancar pemasangan girder Flyover Cipinang. Rekayasa lalu lintas berlaku sejak Desember 2017.

"Lebih untuk kelancaran bangunan dan safety dari pengguna jalan. Jadi, kami adakan pengalihan arus dengan contraflow," ucap Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur Mohamad Soleh saat dikonfirmasiKompas.com, Kamis (4/1/2018).

Soleh menyampaikan, contraflow ini berlaku bagi kendaraan dari arah Jatinegara yang akan menuju Pondok Kopi dan Pulogebang. Sementara itu, bagi kendaraan yang menuju Rawangun tetap normal.

Kemudian, kendaraan dari arah Rawamangun yang ingin menuju Jatinegara tidak bisa langsung melintas. Kendaraan dialihkan lebih dulu ke Jalan Bekasi Timur Raya dan memutar balik di U-turn yang tersedia.

Alih arus dimulai dari pintu flyover, tepat di depan Lapas Cipinang, hingga melewati flyover. Pengaturan lalu lintas ini mengakibatkan lalu lintas di sekitar lokasi menjadi lebih padat.

"Contraflow tidak panjang, tidak sampai 1 kilometer karena hanya untuk mengalihkan yang mau lurus saja (ke Pondok Kopi). Selepas flyover, kendaraan sudah jalan normal lagi," ucap Soleh.

Pembangunan flyover Cipinang dilakukan sebagai akses alternatif sebelum nantinya pintu pelintasan rel kereta api di Cipinang ditutup. Menurut Soleh, pembangunan ini dijadwalkan selesai pada awal Februari 2018.

KOMPAS.COM/Stanly Ravel

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Imbas Proyek "Flyover" Cipinang, "Contraflow" Diterapkan di Jalan Bekasi Timur Raya

Editor: ahmad sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved