Parkir Liar di Jaksel Masih Tinggi, Masyarakat Dinilai Kurang Disiplin

Tingginya jumlah pelanggaran membuktikan masyarakat masih kurang disiplin khususnya dalam memarkirkan kendaraannya.

Parkir Liar di Jaksel Masih Tinggi, Masyarakat Dinilai Kurang Disiplin
Warta Kota/Feryanto Hadi
Petugas Dishub saat menderek angkot karena parkir tidak pada tempatnya. 

WARTA KOTA, PANCORAN -- Suku Dinas Perhubungan DKI Jakarta merilis data penindakan yang dilakukan pihaknya sepanjang 2017.

Tingginya jumlah pelanggaran membuktikan masyarakat masih kurang disiplin khususnya dalam memarkirkan kendaraannya.

Kasudin Perhubungan Jakarta Selatan, Christianto menyatakan, setidaknya sebanyak 13087 kendaraan dirazia selama periode awal Januari 2017 hingga akhir Desember 2017 dari berbagai penindakan seperti akibat pelanggaran lalu lintas, kelaikaan kendaraan, kelengkapan surat kendaraan hingga parkir liar.

"Kesadaran masyarakat yang masih kurang disiplin khususnya dalam parkir," kata Christianto, Kamis (4/1).

Untuk penindakan parkir liar di titik parkir liar dari 10 kecamatan, total 3222 kendaraan diderek dan membayar biaya retribusi penderekan menggunakan Bank DKI sebesar Rp 500 Ribu/ hari.

"Jika tidak segera diambil dalam waktu 24 jam akan diakumulasi biaya bertambah menjadi Rp 1000.000 dan seterusnya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendalian Operasional Sudinhub Jakarta Selatan Edi Sufaat menyatakan, masyarakat yang parkir sembarangan umumnya parkir di badan jalan hingga di atas trotoar

Selain itu beberapa hasil penindakan yang di lakukan oleh Sudinhub Jakarta Selatan di antaranya Penindakan BAP Tilang Dishub 5166 kendaraan, Stop Operasi 1134 kendaraan OCP cabut pentil sebanyak 1340 kendaraan roda empat dan 2225 kendaraan roda dua.

"Ada atau tidak ada petugas sudin perhubungan Jaksel, masyarakat harus menaati segala peraturan lalulintas, tidak melanggar aturan untuk memberikan kenyamanan, ketertiban dan mengurangi simpul kemacetan yang di akibatkan oleh kendaraan yang parkir sembarangan," ujar Edi.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved