Jangan Pernah Memanaskan Mesin Motor di Dalam Ruangan dan Menempel Dekat Tembok

Efek panas akibat pancaran sinar lampu akan berbalik ke arah motor. Makanya, kalau memanaskan motor jangan tepat di depan tembok.

Jangan Pernah Memanaskan Mesin Motor di Dalam Ruangan dan Menempel Dekat Tembok
moto saigon
Ilustrasi. 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Salah satu hal yang kerap dilakukan sebelum menggunakan sepeda motor adalah “memanaskan”. Ini dilakukan agar oli bisa bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama memanaskan kendaraan. Salah satunya terkait tempat.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma menyarankan agar tidak memanaskan motor dengan jarak yang terlalu dekat dengan tembok.

Khususnya, bagi motor kekinian, yakni lampu utamanya otomatis menyala jika mesin dinyalakan. Sebab, hal dapat merusak atau membuat bagian mika pada lampu depan meleleh akibat terlalu panas.

“Efek panas akibat pancaran sinar lampu akan berbalik ke arah motor. Makanya, sebaiknya kalau memanaskan motor jangan tepat di depan tembok agar panasnya tidak memantul,” kata Rendra saat ditemui di tempat kerjanya di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur, Selasa (2/1/2018).

Kemudian, lanjut Rendra, memanaskan motor juga jangan terlalu lama. Cukup sekitar 3-5 menit. Mesin motor modern tidak perlu dipanaskan terlalu lama karena pada dasarnya komponen motor sudah siap bekerja ketika mesin dihidupkan.

Ia menyatakan, memanaskan motor jangan dilakukan di dalam ruangan.

Sebab, gas buang kendaraan mengandung berbagai kandungan berbahaya bagi tubuh.

Hal itu di antaranya gas karbon monoksida (CO), karbondioksida (CO2), dan timbal. Selain itu, panas yang dihasilkan tidak terbuang ke udara dan akan mengumpul di dalam ruangan dan ini yang berbahaya bila terhirup manusia. (Fachri Fachrudin)

Sebelumnya, telah diunggah Kompas.com dengan tautan: Jangan Panaskan Motor di Depan Tembok

Editor: Gede Moenanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help