Kereta Bandara

KA Bandara Akan Terintegrasi Dengan MRT, LRT dan TransJakarta

Joko Widodo menuturkan moda transportasi yang dikhususkan bagi masyarakat yang hendak menuju Bandara Soetta akan terintegrasi dengan moda lain

KA Bandara Akan Terintegrasi Dengan MRT, LRT dan TransJakarta
Warta Kota/Rangga Baskoro
Presiden Jokowi di kereta Bandara, Selasa (2/1). 

WARTA KOTA, MENTENG -- Saat meresmikan kereta api (KA) Bandara, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menuturkan moda transportasi yang dikhususkan bagi masyarakat yang hendak menuju Bandara Soetta tersebut akan terintegrasi dengan moda lain guna mempermudah akses menuju Stasiun KA Bandara.

"Kereta Bandara ini salah satu dari penyediaan moda transportasi di jalan untuk kurangi kemacetan. Ke depannya kalau sudah integrasi antara LRT, MRT dan busway," ucap Jokowi saat peresmian KA Bandara, Selasa (2/12).

Jokowi beserta jajaran menteri seperti Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menkopolhukam Wiranto beserta Direksi PT KAI (Persero), Direksi PT Angkasa Pura II, Direksi PT Railink juga terlihat menjajal KA Bandara dari Stasiun BNI City atau Sudirman Baru menuju Stasiun KA Bandara Soetta, Tangerang.

Sementara itu, pada saat meresmikan KA Bandara, Menhub mengharapkan agar tarif KA Bandara dapat dijangkau oleh masyarakat sehingga memperbesar kesempatan masyarakat untuk memanfaatkan moda transportasi ini, terlebih lagi sejumlah fasilitas penunjang menuju Stasiun Sudirman sudah rampung dikerjakan.

"Dengan adanya kereta bandara, masyarakat Jakarta dan sekitarnya juga semakin mudah mengakses transportasi publik menuju bandara karena kedepannya di Stasiun Sudirman Baru tersedia fasilitas pejalan kaki yang menghubungkan Stasiun Sudirman Baru ke Stasiun Sudirman," kata Budi.

Sebelumnya, pada awal Desember 2017, sarana KA Bandara Soekarno-Hatta telah dioperasikan tanpa membawa penumpang.

Kemudian pada tanggal 24-25 Desember 2017, sarana KA Bandara Soekarno-Hatta telah dioperasikan penuh sebanyak 42 KA per hari, sebagai ujicoba final dengan fokus terhadap penyesuaian jadwal perjalanan serta ketepatan waktu.

Selanjutnya, pada tanggal 27 Desember 2017, telah dilakukan soft launching KA Bandara Soekarno-Hatta dengan tarif promo Rp 30.000 per penumpang.

KA Bandara Soekarno-Hatta melalui rute sejauh 37,6 Km yang ditempuh dalam waktu 55 menit.

Jalur KA sepanjang 25,3 km merupakan jalur KA eksisting dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Batu Ceper, sedangkan 12,3 km jalur KA dari Stasiun Batu Ceper ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta merupakan jalur KA baru.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help