Sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan Penuh Asap, Ada Lomba Bakar Ikan

Ribuan warga se-Jakarta Utara merayakan pergantian tahun dengan mengikuti lomba bakar ikan di pinggiran Danau Sunter.

Sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan Penuh Asap, Ada Lomba Bakar Ikan
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Lomba bakar ikan menyambut Tahun Baru di Sunter, Jakarta Utara. 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK-Kepulan asap saat ini mengepul di sepanjang Jalan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tak ada satupun kendaraan bisa melintas, dikarenakan ribuan warga se-Jakarta Utara merayakan hari pergantian tahun 2017-2018 dengan mengikuti lomba bakar ikan.

Tepat di malam menjelang pergantian tahun di Jalan Danau Sunter Selatan, Minggu (31/12), sejumlah warga se-Jakarta Utara ini terpantau antusiar mengipas-ngipas berbagai jenis ikan, yang tengah dimasak dengan cara dipakar.

Di lokasi, beberapa warga lainnya pun juga sibuk menata-nata piring yang dihias unik.

Sejumlah Pemerintah Kota Jakarta Utara yang berada di lokasi, juga nampak memantau akan jalannya acara dan sesekali mencicipi bakaran ikan warga yang mengikuti perlombaan ini.

Acara perlombaan ini diikuti 5000-an warga.

"Ini acara untuk kita bersama peserta lomba di sini terdaftar sebanyak 520 tim, yang masing-masing tim diisikan oleh empat orang peserta. Masing-masing peserta membawa ikan yang minimal dua kilogram untuk berlomba," papar Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Junaedi.

Lanjutnya, ajang perlombaan tersebut ini akan dinilai Museum Rekor Indonesia (MURI).

"Jika berhasil, maka masyarakat Jakarta Utara akan mendapatkan penghargaan juga sebagai peserta lomba bakar ikan terbanyak. Sekitaran 10.30 WIB nantinya tim dari MURI mulai untuk menilai perlombaan bakar ikan ini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, cerita awal pada kegiatan digelar merupakan bentuk dan keinginan para warga Jakarta Utara didalam merayakan tahun baru.

"Jakarta Utara identik laut, nelayan, ikan, bakar ikan itu ya tradisi hidup di masyarakat Jakarta Utara dan sekitarnya. Aktivitas (bakar ikan) itu kan maknanya merakyat. Di sini, ada 449 RW, yang ikut serta lomba ini," ucap Husein.

Salah satu tim peserta dari RW 008 Kelurahan Kelapa Gading Barat, Ratna (27) memaparkan, kali ini timnya akan sajikan menu ikan bakar di lokasi yakni khas Manado, Sulawesi Utara.

Dia mengatakan kembali menu ikan bakar adalah ikan bakar sambal dabu-dabu.

"Kami juga membawa ikan bawal putih. Menu ikan itu dipilih karena memiliki cita rasa pedas. Sehingga bisa dianggap bisa menggugah rasa selera makan para juri, saat menilai. Kami pun buat pedas, biar jurinya melek. Ini loh ikannya RW 008 Kelurahan Kelapa Gading Barat paling enak," ucapnya seraya timnya bersorak-sorai.

Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help