Sekjen PBB Ucapkan Selamat untuk Presiden Weah Mantan Pesepak Bola Terbaik Dunia dan Rakyat Liberia

Sekjen PBB mengucapkan selamat kepada George Weah yang terpilih sebagai Presiden Liberia dan memuji pelaksanaan pemilu yang damai.

Sekjen PBB Ucapkan Selamat untuk Presiden Weah Mantan Pesepak Bola Terbaik Dunia dan Rakyat Liberia
Kompas.com
George Weah yang baru saja memenangi dan terpilih sebagai Presiden Liberia melalui Pemilihan Presiden 2017 byang berlangsung damai 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengucapkan selamat kepada George Weah atas kemenangannya dalam pemilihan Presiden Liberia dan memuji pelaksanaan pemungutan suara yang berlangsung damai.

Guterres "memuji semua warga Liberia karena berhasil menyelesaikan proses pemilihan, yang dilakukan dengan kondisi damai," ujar sebuah pernyataan dari juru bicara sekjen PBB, seperti dilaporkan AFP.

Dewan pemilihan Liberia mengumumkan Weah sebagai pemenang pemilihan itu pada Jumat, menandai proses perpindahan kekuasaan damai pertama bagi negara tersebut setelah berlangsungnya dua perang saudara.

Weah, yang lebh dikenal sebagai mantan pesepak bola internasional dan salah satu legenda Afrika di dunia sepak bola profesional mengalahkan Wakil Presiden Joseph Boakai dalam pemilihan presiden putaran kedua.

Weah akan dilantik pada 22 Januari, setelah Ellen Johnson Sirleaf, yang pada 2006 menjadi Presiden Liberia.

Boakai mengakui kekalahannya pada Jumat dan mengatakan bahwa dia telah menghubungi Weah untuk mengucapkan selamat.

Wikipedia da sejumlah sumber mencatat pemilik nama lengkap George Manneh Oppong Ousman Weah kelahiran Monrovia, 1 Oktober 1966, ini dikenal sebagai seorang politikus dan mantan pemain sepak bola profesional.

Berasal dari keluarga sederhana dengan 12 anak, Weah tumbuh di lingkungan kumuh Monrovia. Setelah malang melintang sebagai atlet sepak bola profesional di Eropa,  pada 1995, Weah meraih sejumlah penghargaan, yakni Pemain Terbaik FIFA, Pemain Terbaik Eropa, serta Pemain Terbaik Afrika.

Weah sering dianggap sebagai salah satu legnada sepak bola Afrika terbaik sepanjang masa. Sepanjang karier sepak bolanya, ia telah bermain di beberapa klub Eropa termasuk Monaco, Paris Saint Germain, dan AC Milan.

Meskipun sukses di banyak klub profesional, ia belum pernah mencicipi ajang Piala Dunia FIFA bersama tim nasional Liberia. Kepiawaiannya mengolah kulit bundar masih mudah dilacak melalui Youtube., antara lain https://www.youtube.com/watch?v=zcyVjHWQgEc

Halaman
12
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved