Kuliner Nyaris Punah Ini Dibuat Ibu-ibu di Kepulauan Seribu

Kue celorot dari Pulau Tidung, janda kecemplung dari Pulau Panggang, kue lapis dari Pulau Pari. Semuanya nyaris punah.

Kuliner Nyaris Punah Ini Dibuat Ibu-ibu di Kepulauan Seribu
istimewa
Pelatihan kuliner ibu-ibu di Kepulauan Seribu membuat sejumlah kue khas setempat yang nyaris punah. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Sebanyak 33 warga dari tiga kelurahan di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan mengikuti pelatihan kuliner khas, sebagai penunjang pariwsata Jakarta Kepulauan Seribu.

Pelatihan digelar di Villa Kedaton Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang.

Ketua Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Pulau Panggang, Mansyur mengatakan, pelatihan ini guna memperkenalkan kue-kue dan makanan khas Kepulauan Seribu kepada dunia industri pariwisata. Dan sekarang ini kita tampilkan kuliner-kuliner yang hampir punah.

"Peserta ada 33 orang, saat ini untuk wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Hari berikutnya adalah warga Kepulauan Seribu Utara," katanya pada Jumat (29/12/2017).

Menurutnya, selama ini kuliner khas Kepulauan Seribu belum begitu di kenal semua orang. Oleh karena itu, untuk memperkenalkan kuliner dan budaya yang dulu pernah ada kita buat kegiatan ini.

"Kita ingin menghidupkan kembali kuliner-kuliner khas yang hampir punah atau hilang ditelan zaman, seperti kue celorot dari Pulau Tidung, janda kecemplung dari Pulau Panggang, kue lapis dari Pulau Pari dan lain sebagaianya," terangnya.

Sementara itu, Lurah Pulau Panggang, Yulihardi mengatakan sangat mengapresiasi dan berharap pariwisata di Kepulauan Seribu lebih maju lagi kedepannya. Karena sektor industri pariwisata itu bukan hanya laut saja.

"Diharapkan wisatawan lebih mengetahui pada saat datang ke Kepulauan Seribu apa yang bisa dibawa untuk oleh-oleh. Dan warga bisa menampilkan ciri khas kuliner Kepulauan Seribu ke mata dunia," tutupnya.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help