Tiga Anggota DPRD Depok Lakukan Pelanggaran Etika

Sepanjang 2017, tercatat 3 dari 50 anggota DPRD Depok telah melakukan pelanggaran etika karena perilaku dan tingkah lakunya.

Tiga Anggota DPRD Depok Lakukan Pelanggaran Etika
Warta Kota/Budi Saw Law Malau
Ketua BKD DPRD Depok Hamzah kepada wartawan dalam acara ngopi bareng di Jalan Siliwangi, Depok, Rabu (27/12/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Sepanjang 2017, tercatat 3 dari 50 anggota DPRD Depok telah melakukan pelanggaran etika karena perilaku dan tingkah lakunya.

Ketiga anggota DPRD Depok tersebut telah diproses dan disidang oleh Badan Kehormatan Dewan DPRD Kota Depok serta mendapatkan teguran keras baik lisan maupun tulisan.

Hal itu dikatakan Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Kota Depok, Hamzah, saat berbincang dengan wartawan di rumah makan di Jalan Siliwangi, Depok, Rabu (27/12/2017).

"Tingkah laku dan dugaan pelanggaran etika tiga rekan anggota DPRD Depok ini dilaporkan oleh masyarakat, dan sudah diproses serta disidang oleh BKD pada November lalu," kata Hamzah.

Dalam sidang, kata Hamzah, mereka terbukti telah melakukan pelanggaran etika sebagai anggota DPRD Depok.

"Sehingga kita lakukan tindakan berupa teguran baik lisan dan tertulis. Kami BKD, bukan lembaga hukum, tapi lembaga politik. Jadi tidak bisa menghukum, namun bisa memproses dengan peneguran, pemanggilan, dan penyidangan," kata Hamzah yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Depok dari fraksi Gerindra.

Saat ditanya siapa saja ketiga anggota DPRD Depok itu, Hamzah enggan membeberkan dan memberikan nama mereka. "Kurang etis kalau saya sebutkan nama. Nanti juga semua tahu siapa saja mereka. Intinya mereka sudah kami tegur," kata Hamzah.

Menurutnya andaikan mereka kembali melakukan pelanggaran etika, BKD dapat merekomendasikan mereka ke parpol yang mengusung mereka agar dilakukan pergantian antar waktu (PAW).

"Kami harap rekan anggota dewan yang mendapat teguran BKD ini mau memperbaiki perilakunya ke depan," kata Hamzah.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved