WartaKota/
Home »

News

» Jakarta

Tempat Penampungan Pedagang di Pasar Minggu Selesai Dibangun Meski Tak Kunjung Digunakan

Mereka juga dibuat bingung lantaran proses pemindahan pedagang dari pasar ke TPS tak kunjung ada informasi.

Tempat Penampungan Pedagang di Pasar Minggu Selesai Dibangun Meski Tak Kunjung Digunakan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Upaya menata pedagang di Pasar Minggu. Rencana revitalisasi Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Minggu, Jakarta Selatan membuat para pedagang nantinya harus direlokasi sementara ke TPS. Anehnya TPS ini tidak kunjung digunakan meski sudah selesai dibangun. 

WARTA KOTA, PASAR MINGGU -- Para pedagang mempertanyakan rencana revitalisasi Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, yang hingga kini belum jelas kapan pelaksanaanya.

Mereka juga dibuat bingung lantaran proses pemindahan pedagang dari pasar ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) tak kunjung ada informasi.

Padahal, TPS itu kini telah selesai dibangun.

"Belum ada kabar dari orang pasarnya. Kami juga belum tahu kapan mau dipindahkan ke TPS. Yang saya denger, jumlah kios dan lapak di TPS lebih sedikit dibanding jumlah pedagang. Makanya kami kuatir tidak kebagian kios nanti," kata pedagang bernama Yana (42), Kamis (28/12/2017).

Rencana revitalisasi Unit Pasar Besar (UPB) Pasar Minggu, Jakarta Selatan membuat para pedagang nantinya harus direlokasi sementara ke TPS.

Lokasi TPS berada di area Terminal Pasar Minggu atau tak jauh dari area pasar yang akan direvitalisasi.

Pantauan Warta Kota di lokasi, TPS yang terletak di depan area lokasi binaan milik Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Jakarta Selatan itu sebagian dimanfaatkan pedagang makanan untuk berjualan.

Masalahnya, TPS dengan tiga lantai itu hanya bisa memiliki 1.350-an tempat usaha. Padahal, jumlah pedagang di UPB Pasar Minggu sekitar 1700an.

Rahmat Hidayatullah selaku Asisten Usaha dan Pengembangan UPB Pasar Minggu mengaku belum mendapatkan informasi lanjutan terkait proses revitalisasi pasar. Hal tersebut yang membuat pihak pengelola belum bisa melakukan sosialisasi kepada para pedagang.

"Banyak pedagang yang tanya ke kami soal teknis pemindahan termasuk pembagian tempat usaha, tapi kami juga belum bisa menentukan kapan waktunya. Kami menunggu arahan dari pusat saja (PD Pasar Jaya)," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help