WartaKota/

Fenomena Selfie Harus Disikapi Secara Bijaksana dan Proporsional

Di era perkembangan teknologi digital modern seperti saat ini, fenomena selfie harus disikapi dengan bijaksana dan -proporsional.

Fenomena Selfie Harus Disikapi Secara Bijaksana dan Proporsional
Raline Shah sedang selfie gaya duck face (Cahyu Cantika) 

WARTA KOTA, JAKARTA - Praktisi kesehatan klinis dan Ketua Indonesian Society of Digestive Endoscopy Ari F Syam mengingatkan, di era perkembangan teknologi digital modern seperti saat ini, fenomena selfie seperti saat ini harus disikapi dengan bijaksana dan -proporsional.

"Di era berkembangnya tehnologi gadget yang semakin deras dengan kualitas gambar dan modifikasi gambar yang baik membuat fenomena selfie menjadi populer dan mendunia. Tetapi tetap kita harus menyikapi dengan bijaksana dan proporsional dalam melakukan selfie," kata Ari Syam dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/12/2017).

Menurut dia, pada liburan panjang saat ini di beberapa mal kerap ditemui orang yang melakukan selfie, baik secara perseorangan maupun berkelompok.

Ari Syam berpendapat mengambil foto diri secara mandiri dan membagikan melalui media sosial sudah merupakan budaya masyarakat zaman "now".

Foto selfi para calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2017-20122 yang banyak beredar di media sosial.
Foto selfi para calon gubernur dan calon wakil gubernur yang akan berlaga di Pilkada DKI Jakarta 2017-20122 yang banyak beredar di media sosial. ()

Baca: BKPM: Dunia Ritel Tengah Jungkir Balik , Orang Lebih Suka Selfie daripada Barang Mewah

"Tujuannya macam-macam dan dianggap sebagai upaya pengembangan psikososial. Kegiatan selfie sudah mendunia dalam lima tahun terakhir ini dan semakin meningkat drastis dalam dua tahun terakhir. Semakin banyak pelakunya semakin banyak laporan kecelakaan yang berhubungan dengan pengambilan selfie," ucap Ari Syam.

Ari mengungkapkan, berdasarkan riset Nottingham Trent University, ada enam motivasi kenapa seseorang melakukan selfie, yaitu:

- meningkatkan kepercayaan diri dan menjadi berbahagia setelah melakukan selfie,

- mencari perhatian,

- meningkatkan mood, berhubungan dengan lingkungan sekitar,

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help