Home »

Depok

Wali Kota Depok Akui Nihilnya Perda CSR Jadi Kendala Utama Kelola Dana CSR Ratusan Perusahaan

"Jadi dana CSR ini belum dapat kita kelola. Karena belum ada payung hukumnya, yakni belum ada perdanya berupa Perda CSR," kata Idris...

Wali Kota Depok Akui Nihilnya Perda CSR Jadi Kendala Utama Kelola Dana CSR Ratusan Perusahaan
Warta Kota
Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad menyampaikan sambutan pada acara deklarasi komunitas wartawan Depok yang menamakan diri Mitra Pers Depok (MPD) di Jembatan Ciliwung Grand Depok City , Pancoran Mas, Depok, Rabu (20/12/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK -- Wali Kota Depok Mohammad Idris Abdul Shomad megakui belum adanya peraturan daerah tentang tanggung jawab sosial perusahaan atau yag dikenal dengan singkatan bahas Inggris CSR (Corporate Social Responsibility) di Kota Depok menjadi kendala utama untuk dapat mengelola dana CSR dari ratusan perusahaan di Kota Depok untuk kepentingan publik.

Padahal, kata Idris, dana CSR dari ratusan perusahaan di Depok cukup besar dan akan sangat berguna jika dikelola untuk kemaslahatan warga Depok.

"Jadi dana CSR ini belum dapat kita kelola. Karena belum ada payung hukumnya, yakni belum ada perdanya berupa Perda CSR," kata Idris saat menghadiri deklarasi komunitas wartawan Depok yang menamakan diri Mitra Pers Depok di Jembatan Ciliwung Grand Depok City (GDC), Pancoran Mas, Depok, Rabu (20/12/2017).

oleh sebab itu, katanya, ke depan pihaknya atau DPRD Depok diharapkan membuat dan menggodok soal ini agar Depok memiliki Perda CSR.

"Kalau payung hukumnya sudah ada, maka dana CSR bisa dikelola untuk pembangunan fasilitas publik, mulai dari taman atau ruang terbuka hijau dan lainnya," kata Idris.

Dalam catatan Warta Kota pada tahun 2014 sejumlah anggota DPRD Kota Depok, pernah mengusulkan penerbitan Perda tentang pengaturan dana CSR perusahaan.

"Sebab hingga saat ini tidak ada kejelasan mengenai hal itu," kata anggota Komisi B DPRD Kota Depok, Suparyono, Rabu (3/4/2013).

Menurut Suparyono, hingga saat ini Dewan tidak mengetahui berapa besar dana CSR setiap perusahaan di Depok. Juga tidak tahu mekanisme penyalurannya.

Padahal, katanya, di Depok banyak sekali bank dan perusahaan swasta lainnya yang mengelola dana CSR.

Menurut Suparyono, perusahaan yang sudah menyalurkan dana CSR adalah Bank Jabar-Banten. Setiap tahun bank ini menyediakan Rp 1 miliar.

"... Kalau ada 10 berarti ada Rp 10 miliar. Dana itu bisa digunakan untuk membangun ruang kelas, perbaikan jalan, dan renovasi rumah tak layak huni," ujarnya.

Kata Suparyono, usulan Perda CSR akan ditindaklanjuti pada tahun 2014. Kepala Bagian Ekonomi Pemerintah Kota Depok, Achmad Kafrawi, mendukung usulan tersebut.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: YB Willy Pramudya
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help