Leny Rafael Bakal Pamerkan Koleksi Anyarnya di Riyadh International Fashion Week 2018

Desainer Leny Rafael bakal turut ambil bagian dalam ajang 'Riyadh Internasional Fashion Week (RIFW) 2018'.

Leny Rafael Bakal Pamerkan Koleksi Anyarnya di Riyadh International Fashion Week 2018
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Leny Rafael 

WARTA KOTA, PANCORAN - Desainer Leny Rafael bakal turut ambil bagian dalam ajang 'Riyadh Internasional Fashion Week (RIFW) 2018'.

Desainer yang fokus mengangkat tenun Troso Jepara itu, kini sudah mulai sibuk mempersiapkan koleksi barunya untuk trend fashion 2018 dan RIFW 2018 yang akan digelar awal Mei 2018.

"Saya mengikuti Riyadh International Fashion Week 2018 juga untuk menarik pasar Eropa dan Midle East agar tenun Troso bisa go Internasional," kata Leny usai tampil di acara Komunitas Desain Etnik Indonesia (KDEI) di Rumah Desain Smesco Indonesia, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (19/12/2017).

Leny menjelaskan, dalam event RIFW 2018, ia akan menghadirkan sekitar 12 koleksi terbarunya.

"Semuanya masih satu tema yaitu Ethnic Glam Tenun Troso. Harapan saya Koleksi terbaru ini bisa diterima pasar Eropa dan Midle East. Saya juga sudah melakukan transaksi dengan buyer asal Portugal," ucapnya.

Lewat Tenun Troso Leny Rafael mengolah keindahan kain khas Jepara yang belum banyak dieksplorasi.

"12 koleksi tenun Troso ini akan saya padukan dengan bahan satin, organsa, sutra dan sifon. Ditambah elemen sulam pita bermotif bunga yang menguatkan kesan etnik modern," terangnya.

Leny menambahkan, motif tenun Troso didominasi oleh motif geometris yang menggambarkan karakter kekayaan flora dan fauna. Motif ini mirip dengan motif kain tenun khas Indonesia Timur.

"Tenun Troso berasal dari Desa Troso Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang proses pembuatannya cukup rumit dan memakan waktu lama," katanya.

Desainer yang pernah tampil dengan tema 'Romantic Glam' di ajang Indonesia Modest Fashion Week (IMFW) 2017 dan 'Ethnic Glam Tenun Troso' di Indonesia Ethnic Fashion Week (IEFW) 2017 itu, berjanji akan mempopulerkan kekayaan tenun Troso Jepara ke dunia internasional.

Leny yang biasanya menampilkan busana ready to wear akan memakai warna warna yang lebih terang.

"Warna cerah seperti kuning mastard, biru ke ungu dan diakhiri dengan warna hijau botol yang memberi kesan keindahan budaya khas Indonesia," katanya.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help