Nawacita Jokowi, Ribuan Desa Kini Miliki Akses Air Bersih dan Sanitasi Sehat

'Air su dekat'. Kalimat yang diucapkan seorang anak Papua dalam pesan layanan masyarakat yang populer pada tahun 90an itu rasanya kian menjadi nyata.

Nawacita Jokowi, Ribuan Desa Kini Miliki Akses Air Bersih dan Sanitasi Sehat
Warta Kota/Dwi Rizki
pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Program Pamsimas III di Auditorium Kementerian PUPR, Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (19/12/2017). 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - 'Air su dekat'. Kalimat yang diucapkan seorang anak Papua dalam pesan layanan masyarakat yang populer pada tahun 90an itu rasanya kian menjadi nyata.

Lewat Nawacita, belasan ribu desa, khususnya wilayah terluar Nusantara kini dapat mengakses air bersih dan sanitasi sehat.

Pencapaian tersebut disampaikan Sekretaris Jenderal Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI), Anita Firmanti Eko Susetyowati berasal dari program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Pertama dan kedua yang diselenggarakan sejak tahun 2008 hingga 2016.

Dalam periode tersebut, dipaparkannya terdapat sebanyak 10,3 juta warga yang kini sudah dapat mengakses air bersih dan sebanyak 10,6 juta jiwa yang dapat mengakses sanitasi sehat di 12.254 desa yang tersebar di 233 Kabupaten atau Kota di 32 Provinsi se-Indonesia.

"Sesuai dengan Nawacita Ketiga dan Kelima presiden, Pamsimas Ketiga kembali dibuka. Ditargetkan pemerataan air minum dan sanitasi bertambah, dengan paparan 4.583 desa yang tersebar di 365 Kabupaten-Kota pada tahun 2020 mendatang," ungkapnya kepada wartawan usai pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Program Pamsimas III di Auditorium Kementerian PUPR, Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Selasa (19/12/2017).

Nawacita yang digagas Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo itu lanjutnya, adalah Nawacita Ketiga, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa serta Nawacita kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga diharapkan, pembangunan daerah, khususnya peningkatan kesejahteraan lewat penyediaan air bersih dan sanitasi kian merata.

"Upaya kita dalam Pamsimas adalah akses air minum 100 persen aman dan sanitasi layak yang dapat diakses seluruh masyarakat. Program Pamsimas Ketiga diharapkan mampu menambah capaian akses air minum sebanyak 10,5 juta jiwa dan sanitasi sebanyak 7,5 juta jiwa pada tahun 2020," paparnya.

"Target tersebut diungkapkannya sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2019," tutupnya menambahkan.

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help