Imigrasi Jakarta Utara Gelar Pelayanan Pembuatan Paspor Akhir Pekan

Layanan Paspor Simpatik digelar pada tanggal 16 dan 23 Desember 2017 serta tanggal 6, 13 dan 20 Januari 2018.

Imigrasi Jakarta Utara Gelar Pelayanan Pembuatan Paspor Akhir Pekan
Kompasiana.com
Ilustrasi. Paspor Indonesia. 

WARTA KOTA, KELAPA GADING -- Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara menggelar Layanan Paspor Simpatik selama akhir pekan. Program tersebut digelar dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-68 sekaligus menyikapi meningkatnya permohonan pembuatan paspor pada saat akhir tahun.

Kepala Kantor Imigrasi I Jakarta Utara, Amran Aris mengatakan Layanan Paspor Simpatik digelar pada tanggal 16 dan 23 Desember 2017 serta tanggal 6, 13 dan 20 Januari 2018.

Hal ini sekaligus untuk menekan jumlah antrian yang terjadi selama ini.

“Program ini digelar dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi ke-68 sekaligus ditujukan untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru karena biasanya permohonan pembuatan paspor pada saat akhir tahun meningkat,” ucap Amran, Selasa (19/12).

Menurut Amran meningkatnya permohonan pembuatan paspor pada akhir tahun karena ada banyak keluarga yang memutuskan untuk liburan keluar negeri seperti ke Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, dan sebagainya.

“Saat ini rata-rata Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara melayani pembuatan paspor sebanyak 200 per harinya,” ungkap Amran.

Namun demikian program Layanan Paspor Simpatik hanya melayani pembuatan paspor elektronik saja. Hal ini sekaligus sebagai sarana untuk sosialisasi paspor elektronik yang belum banyak diketahui orang.

“Selama ini kan belum banyak yang mengetahui adanya paspor elektronik. Selain itu mereka yang ingin memanfaatkan layanan ini juga tidak perlu mendaftar untuk antrian online, cukup langsung datang saja ke sini,” katanya.

Salah seorang warga, Mathias (27) menyambut baik adanya layanan pembuatan paspor akhir pekan. Menurutnya dengan begitu, masyarakat yang tidak sempat mengurus pada saat hari kerja bisa memanfaatkan layanan tersebut.

“Kan nggak semua orang bisa izin untuk mengurus paspor, kalau ada layanan seperti ini jadi bisa dimanfaatin. Sehingga nggak banyak waktu yang terbuang, datang ke sini langsung antri,” ucap pria yang hendak liburan ke Singapura itu.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved